Teliti Mangga, Mahasiswa UIN Ikuti 12th Nordic Nutrition Conference Finlandia

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogjakarta Fahrul Nurkholis terpilih sebagai delegasi Indonesia dalam ajang 12th Nordic Nutrition Conference (NNC) 2020 di Helsinki, Finlandia. Fahrul bahkan menjadi delegasi Indonesia termuda pada ajang yang akan berlangsung 14-16 December mendatang. 

NNC diadakan lima tahun sekali. NNC ke 11 diadakan di Sweden pada Tahun 2016. Adapun NNC ke 12 diselenggarakan tahun ini di Helsinki, Finlandia. Dari sekitar 3000-an peserta yang berasal dari S1, S2 dan S3, Fahrul berhasil lolos masuk 300 orang yang akan diundang di Helsinki. 

Keikutsertaan Fahrul bermula dari penelitiannya yang berjudul: "Mango Sugar Rich in Antioxidants and Polyphenols: A Potency for Developing Functional Sugar Prospective for Antidiabetic”. Melalui penelitian ini, Fahrul mengungkap bahwa mangga mengandung senyawa yang berfungsi sebagai Antioksidan.  

“Buah mangga yang banyak di kampungnya, Wonorejo, Majayan, Madiun mempunyai senyawa antioksidan bagi penyembuhan penyakit diabet miletus,” kata Fahrul di Jakarta, Selasa (29/10). 

Penelitian pria berusia 20 tahun ini masuk 10 besar lomba essay yang digelar UGM Yogjakarta. Hasil penelitian itu juga pernah didaulat sebagai juara harapan 2 nasional dalam kompetisi yang digelar Fakultas Kedokteran Universitas Jember.  

Fahrul saat ini tercatat sebagai mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik 2020/2021 Program Studi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi. Meski usianya relatif muda, tetapi Fahrul sudah berhasil mengukir prestasi hingga tingkat internasional.  

Selama melaksanakan penelitian, Fahrul dibimbing oleh Dosen UIN Sunan Kalijaga Isma Kurniatanty. Selain tampil dalam conferensi tersebut, hasil penelitiannya juga akan dipublikasikan di Jurnal Index Scopus Q1 di Current Developments in Nutrition by Oxford University Press. 

“Saya bangga kepada Fahrul yang telah membawa nama baik UIN Sunan Kalijaga bahkan di kancah internasional,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama UIN Yogjakarta Abdul Rozaki. 

“Mahasiswa PTKI tidak kalah dengan mahasiswa PT lainnya di Indonesia dan ini membuktikan bahwa UIN Sunan Kalijaga mendunia,” tutupnya. (p/ab)