Telah Hadir 'Banyuwangi-Mall.com', Mal Virtual Pertama Di Indonesia

By Admin


nusakini.com - Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk Achmad Baiquni meresmikan mal online ( www.banyuwangi-mall.com) di Banyuwangi Rabu (20/4/2016).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno peluncuran mengatakan, mal online ini sebagai terobosan virtual pertama yang bersinergi antara BUMN dan Pemerintah Kabupaten. Program ini sejalan dengan gerakan revolusi mental yang mendobrak sekat antar BUMN untuk saling membangun negeri.

Kemudian Rini menyebut pemasaran online ke depannya bakal menjadi model utama bisnis Usaha Mikro kecil Menengah (UMKM) karena pasar utama pemasaran produk dan jasa berbasis online adalah kelas menengah yang mengerti teknologi.

"kerja sama ini diharapkan bisa mendorong terwujudnya ekosistem digital bagi UMKM lokal", ujar Rini.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Anas menjelaskan, Program ini digagas Pemkab Banyuwangi dengan menggandeng BNI. Saat ini, jumlah pengguna internet (netizen) terus meningkat. Jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai lebih dari 85 juta. Tren belanja melalui internet juga terus meningkat.

Lanjut Anas, adapun alasan Pemda menggandeng pihak Bank, karena jika tidak, maka akan sangat mahal untuk dipromosikan sendiri. Dengan BNI, situs belanja ini bakal terpromosikan ke puluhan juta nasabah BNI tanpa harus susah payah mempromosikan sendiri.

Kemudian Dirut BNI Ahmad Baiquni yang juga hadir menambahkan, market place bisa memanfaatkan cakupan akses jaringan tanpa batas. Tak hanya memasarkan hasil UMKM lokal tapi juga jasa dan pariwisata. Dengan banyuwangi-mall.com ini juga bisa menjadi sektor pendorong naiknya nilai ekonomi berbasis masyarakat. (if/mk)