Tekuk Sepuluh Pemain Persita, Persebaya Surabaya Gusur Persija

By ommed


nusakini.com - Persebaya Surabaya akhirnya memtik kemenangan perdana di Liga 1 2022/23 setelah dalam matchday kedua, Senin (1/8) malam WIB, mengalahkan sepuluh pemain Persita Tangerang di Stadion Gelora Bung Tomo.

Hasil ini membuat posisi Persebaya naik ke peringkat enam klasemen sementara dengan koleksi nilai tiga. Sedangkan Persita yang gagal melanjutkan tren positif harus turun ke peringkat delapan.

Persebaya yang tampil di hadapan suporternya langsung menerapkan permainan terbuka. Sebaliknya, Persitsa terkesan menunggu sambil mencari celah untuk memulai serangan.

Kubu tuan rumah sudah bersorak kegirangan setelah mengungguli Persita di menit ke-23. Umpan Higor Vidal yang menyisir dari sisi kanan serangan diselesaikan Sho Yamamoto dengan baik untuk menaklukkan Dhika Bayangkara.

Upaya Persita untuk mengejar ketertinggalan makin berat setelah Agustin Cattaneo diganjar kartu merah pada menit ke-33, karena melanggar Arief Catur Pamungkas, karena menjadi orang terakhir di area pertahanan Persita.

Kendati demikian, Persita tak mau menyerah begitu saja. Mereka nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-41 lewat aksi Elisa Basna. Sayangnya, sepakan Elisa membentur tiang kanan gawang.

Selang dua menit kemudian, Persebaya mendapatkan peluang untuk menggandakan keunggulan, tapi sepakan Muhammad Supriyadi dapat diblok kiper. Skor 1-0 pun akhirnya menutup babak pertama.

Performa Persebaya mengalami peningkatan di babak kedua. Mereka berusaha memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dengan memberikan tekanan hebat ke pertahanan Persita. Walau begitu, tidak mudah bagi Persebaya menjebol gawang Persita.

Dhika harus jatuh bangun untuk menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Pada menit ke-56, Dhika sukses menepis tendangan Yamamoto. Namun bola muntah jatuh ke kaki Supriyadi yang melepaskan tendangan keras. Dhika mampu bangkit untuk memblok tendangan pemain muda Persebaya itu.

Tetapi Dhika tidak mampu membendung bola masuk ke dalam gawangnya satu menit kemudian. Bola korner Vidal disambar tandukan melambung Rizky Ridho tanpa bisa dijangkau Dhika.

Persebaya tidak mengendurkan serangan mereka setelah unggul dua gol. Hanya saja, mereka kesulitan menambah pundi-pundi gol, karena pertahanan rapat Persita. Skor 2-0 tidak mengalami perubahan hingga peluit panjang ditiupkan wasit. (gi/om)