Tax Ammesty Penting Untuk Reformasi Perpajakan Di Indonesia

By Admin


nusakini.com - Jakarta DPR dan pemerintah diharapkan dapat menyelesaikan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengampunan Pajak pada masa sidang bulan ini. ‎Sebab, RUU Pengampunan Pajak sangat penting bagi reformasi perpajakan di Indonesia. Hal itu diungkap Darussalam, pengamat perpajakan dari Universitas Indonesia Darussalam."Tax amnesty ini bisa dipakai sebagai titik awal untuk reformasi pajak secara keseluruhan karena nantinya diikuti dengan amandemen UU KUP, PPh, PPN dan bea materai," kata Darussalam. 

RUU Pengampunan Pajak juga perlu diselaraskan dengan UU lainnya. Dalam revisi Ketentuan Umum Perpajakan (KUP), kata dia, pemerintah akan merevisi pasal kerahasiaan bank untuk tujuan perpajakan.

"Diharapkan untuk tujuan pajak, akses perbankan dapat diberikan secara otomatis kepada otoritas pajak tanpa mekanisme permintaan lagi seperti yg ada dalam UU KUP sekarang ini," ucapnya.

Data informasi yang didapat melalui tax amnesty akan dikombinasikan dengan data yang akan diperoleh melalui pertukaran informasi perbankan secara otomatis pada 2017. Kombinasi data tersebut akan menjadi bank data yang sangat andal untuk menguji kepatuhan wajib pajak. (ab)