Tavares dan Yuran Pergi saat Pertandingan Masih Berlangsung, Ada Apa?

By Admin


MAKASSAR - Kronologi perginya pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares dengan satu pemainnya, Yuran Fernandes ke bandara saat pertandingan melawan Persik Kediri masih diliputi tanda tanya. Momen itu pun tercipta saat PSM bertandang ke markas Persik Kediri di laga lanjutan Liga 1 2023-2024, pada Senin 18 Desember 2023.

Bernardo Tavares dan salah seorang pemain Yuran Fernandes bikin heboh pencinta sepakbola Tanah Air karena meninggalkan stadion menuju Bandara saat pertandingan masih berlangsung. Sempat terjadi penghentian pertandingan cukup lama usai gol yang dicetak Yuran (86’).

Gol tersebut sempat dianulir sebelum kemudian wasit Yudi Nurcahya merevisi keputusannya. Terjadi kontroversi karena tandukan Yuran sangat tipis antara sudah melewati garis gawang atau belum ketika ditepis kiper Persik Kediri, Dikri Yusron.

Setelah laga dihentikan cukup lama, wasit Yudi Nurcahya memutuskan untuk melanjutkan pertandingan kembali. Pada konferensi pers pascalaga, bukan Tavares yang hadir, melainkan sang asisten pelatih Ahmad Amiruddin.

Rupanya, Tavares dan Yuran sudah meninggalkan stadion menuju Bandara. Amiruddin pun menjelaskan kronologi insiden tersebut.

“Pelatih kami sudah pulang lebih dulu menuju Bandara, setelah pelatih kami tahu pertandingan tidak dilanjutkan, dia langsung pulang, kami tidak bisa menunggu terlalu lama karena dia ada penerbangan ke negaranya,” kata Amiruddin, Selasa (19/12/2023).

"Dia mau pulang ke negaranya karena libur panjang (kompetisi), tim libur cukup lama, Yuran pun sudah pulang, sudah pesan tiket dari jauh hari, sayang kalau hangus (tiket), pemain yang harus pulang tetapi masih harus main terpaksa harus kami ganti,” lanjutnya kemudian.

Amiruddin cukup menyayangkan keputusan Yudi Nurcahya yang memilih melanjutkan pertandingan. Pasalnya, beberapa pemain PSM Makassar banyak yang sudah melepaskan sepatu dan kostum saat laga dihentikan cukup lama.

"Kami sangat kecewa, terutama pada wasit, minta maaf tapi untuk menegakkan aturan yang ada demi kebaikan sepak bola Indonesia,” sambung Amiruddin.

Bahkan Amiruddin menyebut Tavares tidak sempat membawa kembali barang-barang yang masih tersimpan di hotel. Tavares pulang ke Portugal dalam keadaan membawa barang seadanya.

"Keduanya langsung ke Surabaya, Tavares tak sempat bawa bagasi, jadi dia hanya membawa barang seadanya,” tutupnya.

Persik Kediri sendiri kemudian menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak Jeam Kelly Sroyer di masa injury time (90+3'), Kedua tim kemudian harus puas berbagi poin usai laga berakhir 1-1. (*)