Targetkan Medali Perak di APG Solo 2022, Tim Para-Goalball Indonesia Fokus Benahi Strategi Ketepatan Menyerang dan Bertahan

By Abdi Satria


nusakini.com-Solo- Tim goalball NPC Indonesia terus memantapkan persiapan jelang menghadapi Asean Para Games Solo 2022 (30 Juli-6 Agustus 2022) mendatang. Fokus kecepatan pertahanan dan ketepatan dalam menyerang menjadi fokus utama Pelatih kepala Tim Goalball Indonesia Daryanto.

Menurut Daryanto, kondisi anak asuhnya saat ini tengah fokus latihan untuk mematangkan pertahanan dan menyerang. "Alhamdulilah anak-anak kondisinya baik, dan masih menjalankan latihan rutin. Saat ini kita terus melakukan latihan untuk mematangkan pertahanan dan menyerang. Baik untuk tim putra dan putri," ujar Daryanto saat mengawasi latihan tim putri di GOR Baturan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (28/6).

Daryanto sendiri bertekad untuk meraih medali pada ASEAN Para Games (APG) Solo 2022 nanti. Untuk mempersiapkan diri menghadapi kejuaraan tersebut pihaknya telah memanggil enam atlet terbaik dan telah menjalani pemusatan latihan sejak Oktober 2021.

Keenam atlet tersebut adalah Andi Santoso, Arif Setiawan, Bahrul Sapaat, Muhamad Yogi Prayoga, Nurfendi, dan Satrio Choirul Usman. Termasuk beberapa atlet putri yang sudah menjalani latihan secara rutin. "Kita sendiri ditargetkan untuk dua medali perak di APG Solo 2022 nanti," tambahnya.

Tim goalball NPC Indonesia selama pelatnas sudah melaksanakan banyak program mulai dari persiapan umum hingga teknik. Dari hasil evaluasi tim Indonesia pelemparan ke gawang lawan sudah mulai aman, tetapi untuk pertahanan masih terus dievaluasi untuk dibenahi.

Daryanto menyadari jika persaingan di APG 2022 bakal berlangsung dengan ketat. Apalagi Thailand dan Malaysia memiliki segudang prestasi yang diprediksi bisa mengganjal laju tim Indonesia. Selain Indonesia, Thailand dan Malaysia, ada Filipina, Myanmar dan Kamboja yang telah mendaftar.

"Kami tetap optimistis dengan kemampuan atlet. Harapan kami, tim bisa membuat kejutan meski target yang diberikan medali perak," katanya menambahkan.

Sementara itu, pemain goalball NPC Indonesia Arif Setyawan mengaku persiapan yang dilakukan cukup ketat. Apalagi dirinya sudah memperkuat timnas sejak 2011 dan pada APG 2022 berharap bisa memberikan hasil terbaik alias medali.

"Kami target insyallah bisa emas atau perak, dan lawan terberat Malaysia dan Thailand, tetapi Indonesia sekarang sudah seimbang lawan kedua negara itu," kata Arif.(rls)