Taklukan Tujuh Puncak Dunia, Dua Srikandi Deedee dan Hilda Dapat Penghargaan dari Menpora

By Admin

nusakini.com--Torehan membanggakan dua pendaki wanita Indonesia yang menaklukan Tujuh Puncak Dunia, Fransiska Dimitri Inkiriwang (Deedee) dan Mathilda Dwi Lestari (Hilda) dari Mahitala Unpar Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung mendapat apresiasi dari Menpora Imam Nahrawi. 

Usai mengibarkan Merah Putih di puncak Gunung Everest, Deedee dan Hilda tiba di Terminal II Bandara Soekarno Hatta, Jumat (1/6) disambut langsung oleh Menpora bersama Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono dan Rektor Unpar Bandung, Mangadar Situmorang dengan pengalungan bunga dan penghargaan masing-masing Rp 20 juta. 

"Saya ucapakan selamat atas prestasi yang diraih oleh kedua pendaki tim WISSEMU Unpar  

Fransiska Dimitri Inkiriwang dan Mathilda Dwi Lestari yang telah berhasil mengibarkan merah putih setelah mencapai puncak Gunung Everest. Semangat, perjuangan dan tekad mereka serta diiringi doa orang tua dan kita semua hari ini kita melihat Deedee dan Hilda sudah kembali kepangkuan ibu pertiwi dengan kegembiraan yang luar biasa, " ucapnya.

"Mereka dapatnya sudah melebihi dari emas. Semoga nanti atlet Indonesia di Asian Games bisa terinspirasi oleh kedua pahlawan kita ini, karena meraka ini sudah meninggalkan keluarga, teman dan kebahagiaan. Mereka ini sudah mengorbankan semuanya, mereka hanya berpikir untuk memuat sejarah besar bagi negeri ini. Merah Putih ditancapkan di tujuh puncak gunung tertinggi dan tentu ini merupakan kebanggaan Indonesia dan dunia," ujarnya.  

Ia pun berpesan kepada agar kuliahnya harus diselesaikan. "Setelah ini semua kuliahnya juga harus diselesaikan. Tadi saya bertanya pada Rektor Unpar. Deedee dan Hilda semester berapa? Ternyata baru semester tujuh. Ini persis tujuh benua yang dilampaui dan tujuh semester. Lebih dari pada itu, Unpar harus memberikan terobosan bahwa prestasi kedua pahlawan kita ini sudah melampaui angka akademik," jelasnya.  

  Sementara itu, Deedee mengucapkan terima kasih atas sambutan yang cukup meriah ini. "Kami berdua mengucapkan terima kasih kepada Menpora, orang tua kami, teman-temam yang sudah menyambut kami di sini. Pada tanggal 17 kemaren merah putih sudah berkibar di puncak Everest, puncak tertinggi di dunia sekaligus mengenapi perjalan kami selama 4 tahun ini dan menjadi perempuan pertama Indonesia yang menyelesaikan rangkaian Seven Summits. Bendera Indonesia di tujuh puncak dunia, keberhasilan ini kami persembahkan untuk persatuan bangsa, untukmu Indonesia!, ” tuturnya.  

Dua srikandi ini memulai perjalanannya dari Everest Base Camp (EBC) pada 11 Mei 2018 lalu, di ketinggian 5.150 mdpl sebagai titik awal pendakian sampai akhirnya mencapai puncak dan mengibarkan Sang Saka Merah Putih berkibar di puncak Everest pada Kamis pagi pada tanggal 17 Mei 2018. Upaya pendakian menuju puncak (summit attempt) ini dimulai dari Camp 3 atau di ketinggian 8.225 mdpl pada 17 Mei 2018 pukul 23.30 waktu setempat. 

Tim melakukan perjalanan selama 6,5 jam untuk mencapai puncak tertinggi di dunia tersebut. Tentunya perjalanan mencapai puncak ini bukanlah perkara mudah, perjalanan dari titik terakhir itu ditemani angin kencang dan suhu udara yang mencapai -25 derajat Celcius. Perlu waktu yang panjang bagi tim untuk mencapai atap dunia tersebut. Pencapaian puncak Gunung Everest ini menjadi penutup dari misi ekspedisi mengibarkan Bendera Indonesia di tujuh gunung tertinggi di tujuh benua, atau Seven Summit.(p/rajendra)