Tak Lama Lagi NTT Tidak Susah Air Lagi

By Admin


nusakini.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam lawatannya hari ke 3 ke NTT berkesempatan meninjau lokasi yang rencananya akan dibangun Bendungan Napunggete yang terletak di Desa Ilimedo Kecamatan Waiblama Kabupaten Sikka, NTT, Minggu (1/5/2016).

Menteri Basuki mengatakan bahwa, dibangunnya Bendungan ini untuk nemenuhi kebutuhan air di sini. Oleh Karena selama ini sebagian besar didapatkan dari sumor bor yang dikelola oleh PDAM dengan menggunakan mesin pompa. Bahkan di wilayah pedesaan sebagian besar belum terjangkau oleh sistem perpipaan sehingga masyarakat harus mengambil air langsung dari sumber air yang cukup jauh. 

Menteri Basuki menambahkan pembangunan Bendungan ini yang semula rencananya akan dikerjakan pada tahun 2017 akan dipercepat menjadi Oktober 2016. Pembangunan ini juga merupakan salah satu program dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kala untuk mewujudkan ketahanan air di NTT. 

"Dimasa mendatang diharapkan NTT sudah tidak ada kekeringan lagi," ungkap Basuki. 

Dibangunnya Bendungan Napunggete akan memberi manfaat bagi penyediaan air bersih/air minum untuk Kabupaten Sikka dengan debit 200 l/detik, penyediaan air irigasi bagi lahan pertanian seluas 230 Ha, pengembangan sektor pariwisata, serta tenaga listrik 1Mega Watt. 

Bendungan ini rencananya akan membutuhkan lahan seluas 161,61 Ha dengan lebar puncak 6.00 meter, panjang puncak 560,97 m akan membutuhkan anggaran sebesar 800 milyar yang akan dialiri oleh sungai Napunggete. (if/mk)