Tahan Shakhtar 2-2, Sevilla Berpeluang Ke Final Liga Eropa

By Admin

nusakini --Sevilla berhasil menahan imbang 2-2 tuan rumah Shakhtar Donets pada leg pertama semifinal Liga Eropa di Arena Lviv, Lviv, Jumat (29/4/2016) dini hari WIB. Hasil ini menguntungkan Sevilla karena mencetak gol tandang. Untuk lolos ke final, Juara Liga Eropa 2016, itu hanya butuh hasil seri 0-0 atau 1-1 pada leg kedua di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan pada Jumat (6/5/2016) dini hari WIB. 

Sevilla pantas memaksakan hasil imbang. Pasalnya, sang juara bertahan unggul dalam penguasaan bola meski Shaktar tampil agresif.

Kegagalan Shakhtar untuk memanfaatkan keunggulan sebagai tuan rumah banyak ditentukan oleh buruknya penyelesaian akhir pemain-pemain mereka. Dari total 11 percobaan hanya 3 di antaranya yang mengarah tepat sasaran.

Sevilla malah lebih baik. Dari 8 percobaan yang mereka miliki, 5 di antaranya berhasil mengarah tepat sasaran. Efisiensi tim besutan Unai Emery ini terbayar dengan dua gol tandang yang mereka dapatkan.

Baru enam menit pertandingan berjalan, Sevilla berhasil membobol gawang Shakhtar. Gol tersebut tercipta dengan cara yang apik; hanya tiga operan saja dilepaskan sebelum bola diberikan kepada si pencetak gol, Vitolo.

Gol bermula dari operan yang dilepaskan dari lini belakang --yang dilepaskan Mariano-- kepada Ever Banega. Setelah menggiring bola sejenak, Banega langsung melepaskan operan kepada Kevin Gameiro, yang langsung membelokkan bola ke arah Vitolo. Dari sisi kanan, Vitolo mengecoh satu pemain Shakhtar dan melepaskan sepakan kaki kiri dari jarak dekat. Sevilla unggul 1-0.

Shakhtar berusaha membalas. Dalam 20 menit pertama pertandingan, dan setelah gol Sevilla itu, mereka mendapatkan dua kans. Namun, tendangan bebas dari Yaroslav Rakitskiy masih melambung, sementara tendangan Marlos dari luar kotak penalti masih bisa diamankan oleh kiper Sevilla, David Soria.

Shakhtar baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-23 ketika umpan lambusng Rakitskiy dari tengah diterima oleh Marlos. Ia berhasil lolos dari garis pertahanan Sevilla, yang naik cukup tinggi, sebelum akhirnya melepaskan sepakan kaki kiri ke arah tiang jauh.

Pada menit ke-35, Shakhtar berbalik unggul lewat Taras Stepanenko. Kali ini Marlos yang jadi penyumbang assist-nya. Umpan silangnya dari sisi kanan pertahanan Sevilla disambut dengan sundulan oleh Stepanenko. Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan 2-1 untuk keunggulan Shakhtar.

Di babak kedua, Marlos sempat dua kali mendapatkan kans untuk mencetak gol. Namun, satu kali tendangannya melenceng, sementara yang lainnya tendangannya diblok. Sementara itu, tendangan penyerang Sevilla, Kevin Gameiro, masih melambung tidak beberapa lama setelah peluang kedua Marlos.

Sevilla akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-82 setelah Facundo Ferreyra melakukan pelanggaran terhadap Vitolo di kotak penalti. Sevilla mendapatkan penalti karenanya.

Gameiro yang menjadi eksekutornya tidak membuang percuma kans tersebut. Tendangan kaki kanannya sukses menaklukkan kiper Shakhtar, Andriy Pyatov.(ab)

Susunan Pemain

Shakhtar Donetsk: Pyatov, Srna, Kucher, Rakitskiy, Ismaily, Malyshev, Stepanenko, Marlos (Bernard 90), Kovalenko, Taison, Ferreyra (Eduardo 90).

Sevilla: Soria, Mariano, Rami, CarriƧo, Escudero, Krychowiak, N'Zonzi, Vitolo, Banega, Konoplyanka (Krohn-Dehli 59, Coke 72), Gameiro