Susun Strategi Hidup Produktif dan Aman di Masa Pandemi, Pemprov Bengkulu Diskusi Virtual Bersama Pakar

By Abdi Satria


nusakini.com-Bengkulu-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri mengikuti Diskusi Virtual bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), para Pakar dan beberapa Pemerintah Daerah mengenai sinergi membangun ketangguhan pada level keluarga untuk hidup produktif dan aman di masa pandemi covid-19 menuju “New Normal”. 

Direktur pengembangan strategi PB BNPB Agus Wibowo mengatakan, Peran keluarga dianggap sangat sentral dalam penanganan krisis pandemi covid-19. Selain memberikan layanan kesehatan dan bantuan ekonomi pemerintah dianggap perlu memberikan dorongan untuk menguatkan ketahanan keluarga di masa sulit.  

Dalam konteks ini, menurutnya, keluarga tangguh memahami covid-19 secara baik, seperti cara penularan, gejala, langkah pencegahan, serta cara penanganan.  

Disampaikannya, kiat menghadapi new normal adalah 4 sehat 5 sempurna, yaitu pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, olahraga dan tidur teratur serta makan makanan bergizi. 

Jelang fase New Normal, Sekda Hamka Sabri mengatakan pemerintah Provinsi Bengkulu terus melakukan sosialisasi dan membagikan masker gratis kepada masyarakat. Selain itu masyarakat diminta disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan melakukan physical distancing (jaga jarak) dan cuci tangan pakai sabun demi memutus rantai penyebaran virus covid-19. 

“Nanti seluruh masyarakat diwajibkan menggunakan masker ketika beraktifitas di luar rumah guna meminimalisir potensi penyebaran virus,” tuturnya. 

Lanjutnya, Gubernur Rohidin juga telah menyurati Bupati/Walikota untuk melakukan pengadaan rapid test minimal 3% dari jumlah penduduk masing-masing.(p/ab)