Sudirman Said: Siapa Bilang Subsidi Listrik Dihapus

By Admin


nusakini.com - Usai mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Benowo, di Gresik Jawa Timur, Senin (2/5/2016) Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said menyatakan dengan tegas, bahwa Pemerintah tidak akan mencabut atau menghilangkan subsidi listrik. Subsidi listrik akan tetap diberikan kepada yang berhak dan pengelolaanya akan diperbaiki.

Menurut Sudirman, selama ini masih banyak pelanggan 900 watt yang tidak tergolong rakyat kurang mampu mendapatkan subsidi listrik. Oleh karena itu kita perbaiki dengan mengalihkan subsidi tersebut agar tepat sasaran. 

Berdasarkan penugasan, Kementerian ESDM telah melakukan proses verifikasi pada bulan November 2015 bekerjasama dengan PT PLN (Persero) dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TPN2K) dan hasil verifikasi tersebut akan dilaporkan kepada Presiden Republik Indonesia. 

Sudirman menjelaskan, bahwa masalah subsidi tidak bisa diselesaikan secara terburu buru, karena menurut Sudirman masalah subsidi itu bukan semata-mata masalah matematika, tetapi harus dilihat secara keseluruhan, situasi ekonomi, situasi masyarakat dan pemerintah pasti mempunyai pertimbangan yang baik saat memutuskannya. 

"Jadi kalau tertunda satu atau dua bulan, memang karena masih terus dicermati keputusannya, itukan lebih baik dari pada tergesa-gesa,” tutup Sudirman.(if/mk)