Sudinkes Berikan Pelatihan untuk Pemandu Wisata Air

By Al


nusakini.com - Jakarta - Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Kepulauan Seribu menggelar pelatihan dasar penanganan darurat saat kecelakaan di dalam air (basic live support and waters emergencies) bagi pemandu wisata air dan Satuan Pengamanan (Satpam) Puskesmas di Kepulauan Seribu.

Kepala Seksi Sumber Daya Kesehatan Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Drg. Evan Setiawan mengatakan, pelatihan dasar tersebut diikuti sebanyak 20 peserta di Wisma Kedaton, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara.

"Pelatihan meliputi teori dan praktek yang ilmunya nanti dapat dimanfaatkan membantu paramedis dalam keadaan darurat," ujarnya

Menurutnya, kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap tahun dengan melibatkan narasumber yang ahli dibidangnya yaitu dari tenaga ambulan 118. Pelatihan ini khusus diberikan kepada masyarakat nonmedis yang aktivitas sehari-harinya berkaitan dengan pekerjaan para medis.

"Dengan penanganan darurat, diharapkan korban bisa diselamatkan dengan cepat dan itulah tujuan pelatihan ini," tandasnya.(pr/kj/al)