Sudin KPKP Jaktim Canangkan Gerakan Menanam Bersama

By Al


nusakini.com - Jakarta - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur mencanangkan program menanam bersama.

Kepala Sudin KPKP Jakarta Timur, Yuli Absari mengatakan, program menanam bersama akan dilakukan serentak di 10 kecamatan di Jakarta Timur. Sebelum ini pihaknya telah membagikan 5,68 kilogram bibit sayur mayur kepada warga maupun kelompok tani. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan penguatan ekonomi dan ketahanan pangan masyarakat.

"Program ini akan memanfaatkan lahan kosong, pekarangan dan kebun di tengah permukiman warga. Kami telah bagikan bibit sayur mayur kepada warga di 10 kecamatan untuk melaksanakan program ini," ujar Yuli

Adapun jenis sayur mayur yang akan ditanam di antaranya, bayam hijau, bayam merah, mentimun, jagung manis, kangkung, terung, dan cabai. Semua jenis sayur mayur tersebut akan dipanen dalam waktu tiga minggu hingga 1,5 bulan ke depan.

"Melalui pencanangan ini diharapkan kebutuhan masyarakat akan sayur mayur terpenuhi," katanya.

Ditambahkan Yuli, penanaman serentak ini akan melibatkan 104 kelompok tani binaan Sudin KPKP Jakarta Timur. Kemudian, kader PKK dan karang taruna yang sebelumnya telah diberikan bantuan berupa 88 unit rak hidroponik.