Sudin KPKP Jaksel Adakan Pelatihan Budi Daya Ikan Hias

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan mengadakan pelatihan budi daya ikan hias di Balai Benih Ikan (BBI) Ciganjur, Jakarta Selatan.  

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan, Wachyuni mengatakan, pelatihan ikan hias ini merupakan implementasi program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) bidang perikanan.

"Pesertanya sebanyak 33 orang yang. Mereka diajarkan budi daya ikan cupang. Kami berharap para peserta bisa mengaplikasikan materi yang telah diberikan para penyuluh," ujarnya, Jumat (5/7). 

Ia menerangkan, selain manajemen budi daya ikan hias, para peserta juga diajarkan cara promosi dan eksport ikan hias di era digital. Peserta juga diberikan satu paket sarana dan prasarana budi daya ikan hias berupa akuarium, pakan dan tiga jenis indukan ikan cupang hias.  

"Pelatihan akan berlangsung hingga besok. Rencananya, mereka juga akan diikutsertakan dalam tes uji kompetensi profesi budi daya dan melakukan kunjungan ke Balai Riset Budidaya Ikan di Depok," terangnya.  

Sementara, salah seorang peserta asal Kelurahan Cipulir, Supriyanto mengaku sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan tersebut. 

"Saya sangat bersyukur, pemilihan jenis ikan hias yang dibudidayakan juga sangat tepat karena ikan cupang hias saat ini harganya cukup tinggi dan banyak diminati," tandasnya. (p/ab)