STY: Marselino Ferdinan & Ronaldo Kwateh Lebih Baik Main Di Luar Negeri

By ommed


nusakini.com - Timnas Indonesia U-23 menutup perjalanan mereka pada SEA Games 2021 dengan mengalahkan Malaysia U-23, pada laga perebutan medali perunggu, di Stadion My Dinh, Minggu (22/5) petang WIB.

Medali perunggu disabet lewat adu penalti yang berkesudahan 4-3. Dalam waktu normal, Indonesia bermain imbang 1-1 versus Malaysia, dengan gol dari Garuda Muda dibukukan oleh Ronaldo Kwateh.

Nama Marselino Ferdinan dan Ronaldo jadi sorotan karena kedua pemain tersebut masih sangat belia, namun cukup bisa diandalkan oleh timnas Indonesia U-23. Marselino sendiri dinilai punya bakat spesial.

Untuk pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, Marselino dan Ronaldo punya banyak waktu dan ruang untuk berkembang. Bahkan STY sangat berharap kedua nama itu bisa berkarier di kompetisi yang lebih baik.

"Performa Ronaldo dan Marselino saat ini di SEA Games 2021 sangat baik. Jika mereka ke Liga Jepang atau Korea Selatan, saya kira tidak ada masalah. Intinya bermain di kompetisi luar negeri akan lebih baik," tutur STY.

Bagi juru taktik asal Korea Selatan itu, makin banyak pemain yang berkarier di luar negeri, maka akan lebih baik. "Jika mereka bermain di luar negeri, pastinya bisa membantu perkenbangan sepak bola Indonesia," tukasnya.

Sejauh ini, sudah ada beberapa pemain Indonesia yang mentas di kompetisi luar negeri. Pada skuad SEA Games 2021 ini, ada nama Asnawi Mangkualam yang membela klub Korea Selatan, Ansan Greeners, juga Saddil Ramdani yang main di Malaysia, untuk Sabah FA. (gi/om)