STITEK Balik Diwa Makassar Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Magister S2

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK) Balik Diwa Makassar adalah Perguruan Tinggi satu-satunya yang mengkhusus di bidang Perikanan dan Kelautan. 

STITEK Balik Diwa membina 5 (lima) Program Studi yakni 4 (empat) Program Studi Strata Sarjana (S-1) dan 1 (satu) Program Studi Strata Magister (S-2) yaitu Program Studi Sumberdaya Akuatik.

Sekedar diketahui, kampus yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan VIII No.8 Tamalanrea, Makassar ini merupakan Perguruan Tinggi pertama yang diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan Program Magister Sumberdaya Akuatik di Kawasan Timur Indonesia.

Berdasarkan Pemeringkatan Perguruan Tinggi, STITEK Balik Diwa menduduki peringkat 279-283 Nasional dan berada di posisi 8 dari 20 besar Pemeringkatan Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan kerja LLDikti Wilayah IX Sulawesi.

Selanjutnya, secara institusi STITEK Balik Diwa telah terakreditasi B dan semua Program Studi yang dibina telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Program Magister Sumberdaya Akuatik menawarkan kurikulum dan sistem perkuliahan sebagai berikut:

1. Kuliah di kelas hanya 2 semester

2. Seminar Proposal di Semester 2

3. Semester 3 Penelitian, Penyusunan Artikel, dan Seminar Hasil Penelitian.

4. Semester 4 Ujian Kemagisteran (Tesis)

5. Selama menjadi mahasiswa program magister, berpeluang mendapatkan hibah penelitian dari Pemerintah.

6. Penyelesaian studi dapat ditempuh dalam waktu 18 bulan

7. Bagi lulusan Perguruan Tinggi yang terakreditasi minimal C dan belum bekerja, diberikan dispensasi bebas BPP.

8. Sistem perkuliahan di semester 1 dipastikan dilakukan dengan Daring (online) sambil menunggu kondisi menuju tatanan baru (New Normal).

Ketua Program Studi Magister Sumberdaya Akuatik, Dr. Wayan Kantun, MP, IPM mengatakan, untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftar di STITEK Balik Diwa bisa melalui WhatsApp 0811408822 atau stitek-balikdiwa.ac.id. 

"Pendaftaran dibuka sampai tanggal 30 Juli 2020," ujarnya.

Adapun persyaratan pendaftaran, kata Dr. Wayan yakni mengisi formulir pendaftaran, Fotocopy Ijazah dan traskrip S-1 dengan IPK minimal 2,75 dari Perguruan Tinggi terakreditasi.

Berikut persyaratan lengkap pendaftaran di STITEK Balik Diwa Makassar:

1. Mengisi formulir pendaftaran

2. Fotocopy Ijazah dan traskrip S-1 dengan IPK minimal 2,75 dari Perguruan Tinggi terakreditasi.

3. Surat Keterangan berbadan sehat dari puskesmas

4. Bukti pembayaran biaya pendaftaran

5. Tidak dinyatakan putus Studi dari Perguruan Tinggi lain.

6. Berijazah sarjana yang tidak sebidang, dapat diteriama dengan persyaratan tertentu.

7. Fotocopy KTP

8. Foto berwarna terbaru 3x4

"Pendaftaran dapat dilakukan secara daring (online) pada laman www.stitek-balikdiwa.ac.id. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi WhatsApp 081342579428," ujar Dr. Wayan.

Sementara untuk alur pendaftaran mahasiswa baru, kata Wayan, akan dibuka sejak 2 Maret hingga 30 Juli 2020.

"Setelah mendaftar kemudian dilanjutkan dengan Seleksi Wawancara virtual via Zoom (3-5 Agustus 2020), pengumuman kelulusan, (7 Agustus), pembayaran BPP (10-31 Agustus), Kuliah Umum dan Pengenalan Kampus lewat Zoom (7 September), dan Kuliah Perdana via Zoom (10 September)," terangnya.

"Untuk informasi seputar STITEK Balik Diwa bis menghubungi WhatsApp 0811408822 atau Instagram @stitekbalikdiwa," pungkasnya.(rilis)