STAIN Takengon Usung Moderasi Beragama dalam PBAK Mahasiswa Baru

By Admin

nusakini.com--Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Takengon menggelar Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru. 

"Kegiatan ini ikuti 361 mahasiswa baru tahun akademik 2018. Moderasi Bergama menjadi tema sentral kegiatan ini," terang Ketua STAIN Takengon Zulkarnain di Aceh, Senin (27/08). 

Menurutnya, tema ini sengaja dipilih untuk menanamkan sejak dini pentingnya moderasi dalam beragama. Dengan demikian, PBAK bisa memberi modal awal bagi mahasiswa baru dalam mempelajari Islam selama di STAIN Takengon.  

PBAK digelar di gedung ruang kuliah terpadu yang berlokasi di Kampus Mulie Jadi, Kecamatan Silih Nara, Tekengon. Gedung ini dibangun melalui pembiayaan SBSN tahun anggaran 2017. Gedung ini telah dimanfaatkan sebagai tempat kegiatan tridharma perguruan tinggi sejak diresmikan Menag Lukman Hakim Saifuddin pada awal Maret 2018.   

"PBAK ini acara perdana bidang kemahasiswaan di kampus ini. Kita bersabar dengan kondisi yang serba terbatas. Banyak hal yang masih dalam pembenahan. Seperti ketersediaan air bersih yang memadai, sarana tranportasi dan fasilitas lainnya," tutur Zulkarnain.  

"Setelah PBAK selesai, insya Allah akan dilanjutkan dengan training ESQ untuk penguatan karakter mahasiswa baru," tandasnya. (p/ab)