Spotify akan Hapus Semua Lagu Neil Young

By Nad

nusakini.com - Internasional - Spotify tidak akan lagi mengalirkan musik Neil Young. Untuk apa nilainya, penyanyi tersebut yang memintanya.

Satu hari setelah musisi itu menyatakan dalam postingan yang sekarang telah dihapus di situs resminya bahwa dia tidak lagi menginginkan musiknya di platform karena hubungannya dengan komentar Joe Rogan, pembawa acara podcast tentang vaksinasi Covid-19, perusahaan streaming mengatakan mereka menghormati permintaan Young.

"Kami ingin semua konten musik dan audio di dunia tersedia untuk pengguna Spotify. Dengan itu, muncul tanggung jawab besar dalam menyeimbangkan keamanan bagi pendengar dan kebebasan bagi pencipta," kata juru bicara Spotify kepada The Washington Post dalam sebuah pernyataan.

"Kami memiliki kebijakan konten terperinci dan kami telah menghapus lebih dari 20.000 episode podcast yang terkait dengan covid-19 sejak awal pandemi. Kami menyesali keputusan Neil untuk menghapus musiknya dari Spotify, tetapi berharap dapat segera menyambutnya kembali."

Dalam postingannya, Young meminta manajer dan label rekamannya untuk menghapus musiknya dari Spotify karena dia mengatakan platform musik dan podcast tersebut "menyebarkan informasi palsu tentang vaksin -- berpotensi menyebabkan kematian bagi mereka yang percaya disinformasi yang disebarkan oleh mereka." (Rolling Stone awalnya melaporkan teks unggahannya.)

“Saya ingin Anda memberi tahu Spotify segera HARI INI bahwa saya ingin semua musik saya keluar dari platform mereka,” kata pria berusia 76 tahun itu dalam postingan Senin (24/1), menurut Rolling Stone. "Mereka bisa memiliki Rogan atau Young. Tidak keduanya."

Di podcastnya, Rogan sering membuat klaim palsu dan tidak akurat seputar vaksin dan Covid-19. Awal bulan ini, sekelompok lebih dari 250 ilmuwan, dokter, dan perawat menulis surat terbuka ke Spotify yang mengutuk streamer tersebut karena menggunakan platform Rogan dan meminta Spotify untuk memperingatkan pendengarnya tentang informasi yang salah.

"The Joe Rogan Experience" adalah podcast paling populer Spotify secara global pada tahun 2021, menurut Variety. Itu menjadi eksklusif Spotify pada tahun 2020, ketika Rogan menandatangani kesepakatan lisensi eksklusif multi-tahun dengan layanan streaming. (cnn/dd)