Soal Dugaan Pemerasan Oknum Ketua LSM di Konut, Adiknya pun Ikut Menikmati

By Admin


nusakini.com - Konut - persoalan dugaan pemerasan yang dilakukan seorang ketua LSM yang berinisial H di Konawe Utara (Konut) terhadap PT Tiran Mineral semakin mencuat. 

Berdasar bukti-bukti transfer yang diperoleh, dugaan pemerasan tersebut telah dilakukan berkali-kali. 

“Awalnya, ketua LSM tersebut hanya meminta bantuan untuk kelangsungan aktifitas lembaganya. PT Tiran Mineral yang memang dikenal sebagai perusahaan yang cukup peduli serta punya komitmen besar terhadap pemberdayaan masyarakat sekitar langsung membantu”, kata Ketua Forum Fasca Sarjana Konawe Utara, Gafur SH MH yang memperoleh informasi dan bukti terkai hal tersebut. 

Namun, lanjut Gafur, semakin lama, ketua LSM ini semakin gencar meminta bahkan sudah mulai terkesan memaksa. 

Bahkan aneh bin ajaib, ketua LSM ini pun meminta bantuan untuk adiknya. Aneh kan? Karena biasanya bantuan itu diperuntukkan untuk kegiatan-kegiatan sosial. Ini malah untuk pribadi dan keluarga. Ini kan sudah pemerasan”, tandasnya. 

Sebenarnya, kata Gafur, PT Tiran Mineral tetap membantu dengan tujuan kemanusiaan. Tetapi semakin lama semakin tak bisa lagi ditelorir. 

“Model permintaan dengan nada memaksa dan bahkan mengancam sudah tidak bisa lagi diterima. Bahkan adik ketua LSM itu diketahui yang datang menerima bantuaan tersebut. Eh bukannya mengucapkan terimakasih, malah makin merasa jumawa”, cetus Gafur. 

Menurutnya, ini tidak bisa lagi dibiarkan. Ini sudah keterlaluan. “Pemerasaan yang mengatasnamakan LSM tapi untuk kepentingan pribadi sangat memalukan kalangan aktifis LSM yang memang bergerak dengan niat memberdayakan masyarakat”, pungkasnya. (*)