SMAN 3 Makassar Usung 3 Program Untuk Jadi Sekolah Para Juara

By Admin


nusakini.com - Makassar - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Makassar mengusung tiga program untuk mewujudkan slogan 'Sekolah Para Juara. Ketiga program itu adalah Smaga Smart School, Smaga Physical Fitness Award dan Smaga Bebas Nafza.

Hal itu dikatakan Mirdan Midding, Kepala Sekolah SMAN 3 Makassar kepada nusakini.com diruang kerjanya, Selasa (12/11/2016). "Kami ingin mengembalikan pamor SMAN 3 sebagai salah satu sekolah unggulan sekaligus berkontribusi buat pembentukan siswa yang berkarakter positif buat bangsa," ujar Mirdan. 

Mirdan menjelaskan, Smaga Smart School adalah program yang membebaskan siswa memilih guru dan wali kelas yang disukainya. "Kami ingin memberikan kenyamanan buat siswa sekaligus juga jadi motivasi para guru karena semua ada rewardnya," jelas Mirdan. 

Bagi guru yang mendapat banyak pilihan dari siswa bakal mendapat hadiah berupa perjalanan umroh. "Kriteria untuk jadi guru terbaik juga ada. Kami membentuk tim khusus sebagai penilai. Karena bisa jadi ada guru yang kurang dipilih karena tegas dan sering memberi tugas ke siswa atau sebaliknya," papar Mirdan. 

Sedang program Smaga Physical Fitness Award merupakan ajang tahunan dimana siswa yang terpilih adalah mereka yang berbadan sehat dan postur yang ideal. Tujuannya, SMAN 3 ingin jadi penyuplai sekolah kelembagaan seperti STPDN, Akmil, Akpol atau STAN. "Kami ingin melahirkan dan membentuk Siswa cerdas dan sehat,"urai Mirdan. 

Mirdan memberi contoh di Singapura. Dimana Tentara dan Kepolisian setempat tidak sulit mendapatkan anggota dari sekolah menengah atas disana menjalankan program ini. "Saya terinspirasi setelah melakukan kunjungan kerja disana beberapa waktu lalu," ungkap Mirdan. 

Program terakhir yakni Smaga Bebas Nafza adalah pelengkap dari kedua program terdahulu. "Kami akan secara rutin megadakan tes narkoba. Bukan hanya siswa, tapi juga guru, staf dan kepala sekolah sendiri," tegas Mirdan. (ab)