Siswa SMPN 30 Donasikan Tanaman Serap Polutan untuk Hijaukan Sekolah

By Al


nusakini.com - Jakarta - Gerakan #200taman2jutatanaman yang dicanangkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, direspons positif siswa SMPN 30 Jakarta Utara dengan menggalang donasi tanaman menyerap polutan untuk ditanam di lingkungan sekolah.

Kepala SMPN 30, Yusup Corua mengatakan, donasi secara spontan dilakukan siswa secara sukarela dengan mengumpulkan pohon sesuai kemampuan masing-masing.

"Dengan ikhlas dan semangat, ada yang satu orang bawa dua pohon dan ada juga beberapa siswa patungan membeli pohon untuk ditanam di sekolah," katanya

Menurut Yusuf, pihaknya sudah sejak Senin (19/8) kemarin, melakukan penamaman di area sekolah. Total terkumpul 155 pohon terdiri dari 40 tanaman Bugenvil, 87 Sansieviera, 15 pot Sri Gading, lima pot Kumis Kucing, dua pot Lidah Buaya dan Marigold Oranye, Sirih Kuning, Myana, Aglonema Putih dan Daun Dolar masing-masing satu pot.

Diharapkan, aktivitas penanaman pohon di saat jam kosong belajar ini dapat lebih partisipasi mereka menguatkan pemahaman dan semangat penghijauan lingkungan guna mengatasi dampak pencemaran udara.

"Apalagi sekolah kita baru renovasi total. Penghijauan ini disambut antusias siswa," tegasnya.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Utara, Momon Sulaeman menjelaskan, gerakan menanam tanaman menyerap polutan disambut masif kalangan sekolah. Utamanya di kalangan sekolah dasar.

"Dari total 138 SD negeri dan swasta, gerakan ini sudah 80 persen melaksanakan. Kalau SMP dan SMA,baru mulai," tandasnya.