Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Gelar Shalat Gaib Untuk Korban Turki dan Suriah

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Warga Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Athirah Bukit Baruga menggelar Shalat Gaib untuk mendoakan para korban yang meninggal dunia akibat gempa di Turki dan Suriah, Jumat (10/2/2023).

Pelaksanaan salat gaib itu dilaksanakan setelah sholat jumat dipimpin langsung oleh Wakil Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga bidang Kesiswaan dan Keagamaan Sabaruddin.

Wakil Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga bidang Kesiswaan dan Keagamaan Sabaruddin menyampaikan terlebih dahulu tata cara pelaksanaan Shalat gaib. 

"Pertama membaca niat Aku niat salat atas mayit secara gaib empat kali takbir fardu kifayah karena Allah Ta’ala, kemudian Takbir pertama, lalu membaca surat al-Fatihah Takbir kedua, lalu membaca selawat Nabi, Takbir ketiga, lalu membaca doa untuk jenazah/mayit dan takbir keempat doa dan keempat, lalu membaca doa ditujukan kepada keluarga,"jelasnya. 

Lebih lanjut, dia menjelaskan pelaksanaan shalat gaib merupakan pembelajaran kepada siswa untuk peduli sesama. "sebagai generasi islam kita paham bahwa sebagai muslim itu seperti satu bagunan seperti satu tubuh jika sakit maka yang lain ikut merasakan,"tutupnya. 

Seperti diketahui, Turki dan Suriah diguncang gempa pada Senin, 6 Februari 2023, dengan kekuatan M 7,8. Hingga kini, sebanyak 21.051 orang meninggal dunia akibat gempa dan 72.879 orang terluka.(rilis/rajendra)