Sinergisitas Humas Penting dalam Capai Target Kunjungan Wisata

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Sinergisitas seluruh humas K/L dan BUMN sangat dibutuhkan dalam mencapai target kinjungan wisata di Indonesia. Hal ini diungapkan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti dalam Forum Tematis Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Kementerian Parawisata, di Jakarta, Rabu (23/3/2016)

Menurut Rosarita, Presiden Joko Widodo telah menetapkan tahun 2016 sebagai tahun percepatan. Salah satu sektor terkait yang akan terus digenjot adalah sektor pariwisata.

Dengan demikian, kata Rosarita, Forum Tematis yang digelar Kementerian Pariwisata ini membahas tema Peran Bakohumas Dalam Rangka Mendukung Pencapaian Target Kunjungan 12 Juta Wisatawan Mancanegara dan 260 Juta Wisatawan Nusantara Tahun 2016. Forum itu dinilai Dirjen IKP memiliki peran strategis dalam sharing informasi kebijakan strategis terutama Program Nawacita antar anggota Bakohumas.

“Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) menempatkan humas pemerintah pada posisi strategis dalam pelayanan informasi,” jelas Rosarita di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata.

Mengenai agenda sektor pariwisata, menurut Dirjen IKP, kini menjadi leading sector karena kontribusinya terhadap PDB nasional yang besar, terbesar dalam menghasilkan devisa negara, serta menciptakan lapangan kerja yang luas. “Kita harus mampu memanfaatkan berbagai saluran media untuk dapat “mempromosikan”, tidak hanya potensi pariwisata luar biasa yang Indonesia miliki, tetapi juga mengenai terobosan-terobosan yang dilakukan pemerintah dalam mendorong tercapainya target di sektor pariwisata kita,” paparnya dalam sambutan pembukaan.

Dirjen IKP mengharapkan seluruh anggota Bakohumas dapat berperan serta menyebarkan informasi tentang potensi daerah wisata Indonesia yang banyak tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia.

“Dimulai dengan penyebaran informasi melalui sarana media komunikasi yang dimiliki oleh anggota Bakohumas kepada seluruh stakeholders-nya,” pungkasnya. (am).