Simulasi ANBK SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Sukseskan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2022, SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga gelar simulasi. Sejumlah 35 siswa kelas V sebagai peserta sampling mengikuti kegiatan tersebut yang dipusatkan di Ruang Lab. Komputer pada Rabu-Kamis (28-29/9/22).

Kepala SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga, H. Muhammad Azis, S.Pd., M.Pd. saat dijumpai di lokasi menjelaskan dengan simulasi yang digelar diharapkan pelaksanaan ANBK tahun 2022 nantinya dapat terlaksana dengan baik.

"Untuk 2 hari ini baru sebatas simulasi, sehingga saat pelaksanaannya siswa tidak lagi mendapatkan hambatan. Pada dasarnya tujuan ANBK adalah penilaian yang fokus melakukan tindakan evaluasi input, proses dan output. Begitu pula dapat memberikan gambaran terkait dengan rapor pendidikan sekolah", jelasnya. 

Pada simulasi yang digelar secara mandiri melalui moda daring atau full online itu, siswa dihadapkan dengan tes Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang terdiri dari tes literasi dan tes numerasi. survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Hari pertama, khusus tes literasi dan survei karakter sedangkan hari kedua tes numerasi dan survei lingkungan belajar.

Proktor ANBK, Ibu Syamsiar, S.Pd. setelah selesai simulasi mengatakan bahwa sebelum pelaksanaan ANBK 2022 nanti masih akan dilaksanakan simulasi sekali lagi.

"Insya Allah sebelum pelaksanaan ANBK 2022, akan dilaksanakan lagi simulasi selama dua hari pada tanggal 17-18 Oktober mendatang," katanya.

Seusai simulasi ANBK, beberapa siswa memberikan komentar. A. Raisya Salsabila mengatakan, soalnya susah sekali kecuali yang literasi. Begitu pula dengan Cantika Ramadhani Suherman, menurutnya soal literasi gampang karena cuman soal cerita, tetapi kalau numerasi susah karena matematika. Berbeda dengan Syafira Dwi Putri, dia menganggap soal literasi gampang-gampang susah.(rilis)