Sidang Tahunan IDB 2016 di Indonesia, Diharapkan Tingkatkan Ekonomi Syariah

By Admin


nusakini.com - Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kerja Sama Internasional Andin Hadiyanto dalam konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (11/5/2016) mengatakan, Indonesia akan menjadi tuan rumah Sidang Tahunan Islamic Development Bank (IDB) ke-41, pada tanggal 15-19 Mei 2016 di Jakarta Convention Center (JCC).

Sidang IDB ini akan dipimpin oleh Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro selaku Dewan Gubernur IDB. Adapun peserta yang akan mengikuti sidang IDB ini, berasal dari 56 negara anggota IDB. 

"Sidang ini, bagi Indonesia akan dijadikan pelajaran untuk peranan ekonomi syariah di Indonesia masih sedikit, agar bisa ditingkatkan dimasa mendatang," ujar Andin. 

Lanjut Andin, dengan tema 'penguatan pertumbuhan dan pengentasan kemiskinan melalui pembangunan infrastruktur dan inklusi keuangan', sidang IDB ini akan membahas beberapa topik : 

1. Koordinasi dan kerja sama teknis untuk pembangunan antar negara anggota. 

2. Ketahanan ekonomi.

3. Kemajuan investasi syariah. 4.Pengentasan kemiskinan. 5.Pendanaan infrastruktur.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil IDB di Indonesia (Representative Resident) Ibrahim Shoukry, mengungkapkan posisi penting Indonesia. Selain sebagai negara yang memiliki populasi muslim terbesar di dunia dan berperan dalam pertumbuhan ekonomi global, Indonesia juga merupakan salah satu negara pendiri IDB.(if/mk)