Sidak Ketersediaan dan Harga Pangan di Kota Makassar

By Admin


nusakini.com - Pekan pertama Ramadhan Kepala Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan peternakan ( DKP3 ) Kota Makassar konsentrasikan seluruh Staf teknis melakukan kegiatan pengawasan dan Pemeriksaan dadakan ( sidak ) Sampel Produk Peternakan, Pertanian dan Perikanan di pasar-pasar tradisional, pasar ikan, supermarket dan toko-toko.

Pemantauan dan pengawasan ini unuk mengetahui harga, suply, distribusi dan mutu bahan pangan yang diperjual belikan di pasaran yang akan dikonsumsi warga kota Makassar. 

DKP3 membawa mobil yang difungsikan untuk mobile Laboratorium untuk melakukan uji sampel pada produk ditempat pengambilan sampel. 

Hasil yang diperoleh sampai hari ini jumat ( 10 /6/2016 )ketersediaan dan suply ikan di 2 pasar induk ikan PPI Paotere dan TPI Rajawali lancar dengan harga yang normal. Uji mobile lab pada sampel yang dilakukan juga menunjukkan ikan bebas dari formalin. 


Pada komoditi pertanian 2 komoditi utama yaitu Bawang dan Cabe juga pada harga normal bahkan cenderung makin menurun harganya dengan pasokan dari daerah sentra produsen Sulawesi selatan juga lancar. Pada pasar induk Terong harga cabe rawit merah pada kisaran 26 ribu rupiah sedangkan harga Bawang Merah pada kisaran 30 ribu rupiah. Sedang pada pasar tradisional penunjang Bawang cabe pada 28 sampai 30 ribu rupiah. Bawang merah pada harga 33 sampai 37 ribu rupiah. 

Untuk produk peternakan khususnya daging sapi mengalami penurunan 5 ribu rupiah dari harga sebelumnya yg sempat naik ke Rp. 105 ribu rupih kembali menjadi 100 ribu rupiah. Ini karena permintaan yg sudah tidak sebesar memasuki dan hari pertama ramadhan. 

Hal ini untuk memberikan rasa nyaman bagi masyarakat kota Makassar untuk bisa memperoleh bahan pangan yang Aman Sehat Utuh dan Halal. (sul)