nusakini.com - Timnas Indonesia akan memanfaatkan jeda internasional bulan ini dengan melawan Timor Leste. Timnas menjamu Timor Leste di Bali, dalam dua laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, 27 dan 30 Desember.

Secara reputasi, timnas Indonesia jelas diunggulkan atas Timor Leste. Dalam sejarahnya kedua tim sudah sering bertemu, dan pertandingan selalu menjadi milik timnas. Hal ini juga sudah diprediksi oleh pelatih timnas, Shin Tae-yong.

Dalam wawancara di kanal Youtube PSSI, Tae-yong memberikan pandangan jujur tentang bagaimana kualitas dari Timor Leste. Namun, ia mau membuat timnas Indonesia bermain dengan baik pada dua pertandingan nanti, meski melawan tim yang levelnya di bawah.

"Maaf, jujur Timor Leste tidak terlalu bagus. Saya hanya menonton pertandingan di Piala AFF saja.. Kami akan berusaha menampilkan permainan yang kami inginkan. Pasti pelan-pelan membuat warna baru di tim ini," ujar sosok asal Korea Selatan itu.

Skuad Garuda pada dua pertandingan nanti akan didominiasi oleh pemain proyeksi timnas Indonesia U-23, untuk Piala AFF U-23 2022, di Kamboja. Beberapa nama senior juga tetap mendapat kesempatan, plus nama-nama baru seperti Ahmad Figo hingga Terens Puhiri.


Sama seperti Indonesia, Timor Leste juga menjadikan uji coba nanti sebagai bagian dari persiapan mereka menuju Piala AFF U-23. Dikonfirmasi oleh sekretaris jenderal federasi sepakbola Timor Leste, Frederico Martins, bahwa yang ke Bali adalah tim U-23 mereka.

Skuad Timor Leste sebelumnya punya rencana untuk melakoni pemusatan latihan di Uni Emirat Arab, namun akhirnya gagal karena protokol kesehatan. "Pemain akan mempersiapkan kondisi sebaik mungkin, tetapi mereka tidak bisa maksimal untuk Piala AFF U-23 2022," ungkap Martins, dikutip Tatoli. (g/om)