Sertifikasi Gratis, Kepala BPJPH: Strategi Lakukan Lompatan Jumlah Produk Halal

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Serpong--Pemberian fasilitasi Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) merupakan upaya pemerintah untuk melakukan lompatan jumlah produk halal di Indonesia. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) saat menjadi pembicara dalam talkshow Landscaping Halal Industry yang diselenggarakan oleh Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), di ICE BSD, Serpong.

“Jika sebelumnya rata-rata per tahun hanya ada sekitar 100 ribu produk disertifikasi halal, dengan pemberian fasilitasi ini kita berharap akan ada lompatan jumlah,” tutur Aqil Irham, Minggu (28/8/2022). 

“Ini juga menjadi upaya kita untuk menjadikan Indonesia menjadi produsen produk halal nomor 1 dunia di tahun 2024,”imbuhnya. 

Aqil menyebutkan selama ini, tren sertifikasi halal di Indonesia, baru mencapai 100 ribu produk pertahun. "Kalau kita melihat data, ada 64 juta pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) misalkan masing-masing punya satu produm, dibagi 100 ribu. Artinya kita butuh 640 tahun untuk mensertifikasi halal semua produknya," papar Aqil.

"Artinya, baru setelah enam abad kita bisa punya seluruh produk bersertifikat halal. Jadi kita ga bisa pakai cara biasa, harus segera melakukan lompatan. Salah satunya dengan sertifikasi halal gratis," imbuhnya. 

Percepatan sertifikasi produk halal ini juga upaya Indonesia untuk mengejar ketertinggalan dari negar tetangga Malaysia. "Malaysia itu menurut laporan halal global, hampir 1 dekade menduduki peringkat pertama industri halal. Padahal dulu belajarnya di Indonesia," ungkap Aqil.

Ia menambahkan, program sertifikasi halal gratis juga wujud keberpihakan pemerintah dalam pengembangan ekosistem halal. Tahun ini, lanjut Aqil, BJPH memberikan kuota sekitar 350 ribu sertifikasi halal gratis.

"Juni kemarin, 25 ribu kuota sudah habis, dan sekarang sedang berproses sidang fatwa nya," ujar Aqil. 

Sementara, tahap yang kedua, baru  dibuka pada 24 Agustus sampai 17 September nanti, sebanyak 324. 834 kuota. "Ini harus segera dimanfaatkan oleh teman-teman pelaku usaha. Jangan sampai ketinggalan, segera daftar melalui ptsp.halal.go.id," pesan Aqil. 

Talkshow yang dihadiri para pengusaha serta akademisi muslim ini merupakan bagian dari Muslim Fest 2022. Selain Aqil Irham, talkshow ini juga menghadirkan Kepala Departemen Ekonomi Syariah Bank Indonesia Arief Hartawan,  Direktur Pengembangan Jasa dan Produk Kreatif Kementerian Perdagangan Miftah Farid  dan Direktur Perundingan Perdagangan Jasa Kementerian Perdagangan Basaria Tiara Desika L. Gaol.(rilis)