Serahkan Surat Kepercayaan, Dubes RI di Denmark: Fokus pada Kerjasama Ekonomi

By Admin

nusakini.com--Duta Besar RI untuk Kerajaan Denmark, Muhammad Ibnu Said, menyerahkan surat-surat kepercayaan (credentials) kepada Ratu Denmark, Margrethe II, dalam sebuah upacara di Istana Fredensborg yang berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Kopenhagen dan merupakan tempat tinggal Ratu Denmark pada musim semi. Dengan penyerahan Credentials tersebut, maka Duta Besar RI sudah dapat secara resmi melakukan tugas-tugas kenegaraan di Denmark. 

Duta Besar RI menyatakan misinya akan berfokus pada penguatan kerja sama ekonomi, yang akan memberikan manfaat bagi kesejahteraan rakyat kedua negara. Dubes RI menuturkan bahwa bidang-bidang kerja sama yang akan menjadi fokus dalam pelaksanaan tugasnya adalah maritim, energi, infrastruktur, kesehatan, di samping prioritas utama untuk meningkatkan ekspor Indonesia, investasi Denmark di Indonesia dan jumlah wisatawan Denmark yang mengunjungi Indonesia. Duta Besar RI mengatakan akan terus melakukan promosi produk, seni budaya, objek wisata di Indonesia, termasuk menggalakkan diplomasi kuliner di Denmark. 

Ratu Margrethe II memberikan sambutan yang hangat kepada Duta Besar RI yang didampingi oleh istri dan staf KBRI Kopenhagen. Ratu secara khusus menyampaikan salam kepada Presiden Joko Widodo dan kesan yang sangat baik terhadap Indonesia. Ratu Margrethe II melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada bulan Oktober 2015 dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Kedua kepala negara telah menyaksikan penandatanganan kesepakatan kerja sama, antara lain di bidang maritim, energi terbarukan dan transportasi. Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Denmark pada tahun ini berusia 66 tahun.(p/ab)