Serah Terima Jabatan Eselon 4 di P3E Suma Berlangsung Haru

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Bertempat di ruang bangun praja Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku, hari ini. Rabu (29/5/2019) telah berlangsung serah terima jabatan (sertijab) pejabat struktural Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Sub Bidang Tindak Lanjut P3E Suma. 

Serah terima jabatan dipimpin oleh Darhamsyah selaku Kepala P3E Suma dan dihadiri para pejabat, dan seluruh staf P3E Suma. Turut mendampingi Kepala Tata Usaha, Azri Rasul. 

"Beliau menyatakan bahwa serah terima dalam hal ini adalah prosedur yang lazim pada birokrasi pemerintahan." Kepala P3E Suma juga menyampaikan selamat bertugas pejabat baru.

Selain sertijab, dilangsungkan acara perpisahan bagi pejabat yang mendapat promosi jabatan di tempat yang baru.

Adapun pejabat yang serah terima hari ini adalah Ellyyana Said jabatan lama Kasubbid Tindak Lanjut beralih mendapat promosi jabatan sebagai Kepala Tata Usaha pada BBKSDA Sulsel. Sejatinya jabatan lama akan diisi oleh Wahidah A. Magga, SE akan tetapi Alloh SWT berkehendak lain.

Selanjutnya, Muhammad Bakri Nongko jabatan lama sebagai Kepala Sub Transportasi, Manufaktur, Industri dan Jasa pada Bidang Perencanaan P3E Suma selanjutnya diserahkan kepada Andi Samra Salam, SE. 

Bakri Nongko mendapat jabatan baru sebagai Kepala Seksi Program Pengelolaan DASHL pada BPDASHL Bonebolango Provinsi Gorontalo.

Giat ini disertakan serah terima dan penandatanganan memori jabatan dari pejabat yang baru ke pejabat yang lama. Dengan komposisi pejabat yang baru ini diharapkan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku kedepan lebih baik.

Pada pesan dan kesannya, Ellyyana Said, "selama 20 tahun menimba pengalaman dan ilmu bersama-sama, serta menjadi keluarga besar di P3E Suma."

"Kita semua adalah keluarga, terutama kepada Kapus yang telah seiring sejalan sejak lama dari berbagai unit bidang sejak dari jaman BAPEDAL Regional, namun sekarang kami pindah unit ke BBKSDA Sulawesi Selatan, semoga hubungan ini tetap terjaga sebagai keluarga besar." Tutup Elly haru.

Kesan dan pesan disampaikan Bakri Nongko, "saya bertugas di P3E Suma dimana kembali dari P3E Papua dan memulai hari pertama bertugas pada tanggal 2 Januari 2017 sampai hari ini sekitar 2 tahun 5 bulan bersama teman-teman di P3E Suma."

“Saya banyak belajar akan hal positif dari Kepala P3E Suma, tidak bisa dipungkiri kalau beliau memiliki potensi luar biasa yang antara lain jiwa dan karakter peduli, inovatif, kreatif, cermat, dan cerdas berhasil melakukan banyak perubahan di kantor kita ini, misalnya keberhasilan kantor meraih ISO 14000, ada Eco Education Park.”Tutur Bakri 

Diungkapkan Bakri bahwa perlunya menjunjung tinggi pringsip Bugis-Makassar, “Sipakatau; sikap memanusiakan seutuhnya saling menghormati tanpa perbedaan, Sipakalebbi; bersikap dan bertutur kata yang baik, dan Sipakainga; saling mengingatkan, serta tahu memposisikan diri.”

“Kewenangan antara atasan dan bawahan dan sebaliknya, Mali siparappe, rebba sipatokkong, malelu sipakainga. Padaidi padaelo, sipatuo sipatokkong; Jika hanyut saling mengaitkan/menolong, jika tumbang saling menegakkan, jika lupa saling mengingatkan. Seia-sekata saling membantu dan saling memajukan.” Terang Bakri Nongko yang lama bergelut di dunia Pramuka ini. 

“Selalu berpikiran positif dan saling menguatkan dalam pelaksanaan tugas-tugas kedinasan. Pintar itu relatif tapi cerdas, mampu bekerja dan bisa bekerja secara Tim dengan bertanggung jawab itu jauh lebih penting.” Tegas dia 

diungkapkan Bakri bahwa, "Tiada gading yang tak retak, tentunya selama saya di P3E Suma tidak terlepas dari berbagai kekurangan dan salah, untuk itu saya menghaturkan dan menyampaikan permohonan maaf dan dukungannya, semoga saya dapat memberi warna positif dengan kinerja yang lebih baik serta lebih amanah di tempat tugas baru nantinya."

Kata orang bugis “Senge’ka na kaluku ubalisenge’tokki na golla“, kenanglah saya karena suatu kebaikan dan saya pun mengenang Bapak-bu juga karena suatu kebaikan yang manis. Jagalah selalu hubungan baik dan silaturrahim kita, kini dan akan datang.” Jelasnya.

Tak lupa ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Dan Bathin.” Pungkas Bakri yang bakal bertugas ke Gorontalo.

Kepala P3E Suma Darhamsyah menyampaikan rasa terimakasihnya kepada teman-teman yang telah ikut mengembangkan lembaga ini. Beliau juga mengajak kepada seluruh pejabat yang dilantik dan seluruh jajaran P3E Suma mendo'akan almarhumah Wahidah A. Magga.

"Hubungan P3E Suma dengan BBKSDA sangat baik, ditempat yang baru tersebut bu Elly untuk melanjutkan hubungan baik antar lembaga ini." Pesan Kepala P3E Suma.

"Bakri Nongko untuk melanjutkan hubungan baik dengan lembaga DAS Bolango begitu pun Andi Samra yang menjabat sebagai Kasubbid. Transportasi." Kunci Darhamsyah.

Penyerahan cinderamata dan fotobersama menutup rangkaian acara serah terima jabatan eselon 4 lingkup KLHK ini.(R/Rajendra)