Seoul akan Luncurkan Kereta Bawah Tanah Baru dengan Fitur Pengisi Daya dan Kursi Lebih Lebar untuk Ibu Hamil

By Nad

nusakini.com - Internasional - Operator kereta bawah tanah Seoul akan memperkenalkan kereta baru yang dilengkapi dengan pengisi daya ponsel gratis dan kursi yang lebih luas untuk wanita hamil mulai akhir bulan ini, kata para pejabat pada hari Jumat (4/2).

Seoul Metro, operator sistem kereta bawah tanah ibu kota yang luas, akan mengoperasikan lima kereta baru yang terdiri dari 40 gerbong penumpang di Jalur 5 mulai bulan ini dan menambahkan 20 kereta lagi ke jalur tersebut pada akhir tahun, kata para pejabat.

Kereta baru membuat lebih sedikit kebisingan dan menawarkan pengisi daya telepon nirkabel untuk pertama kalinya di antara kereta bawah tanah Seoul.

Sebanyak delapan pengisi daya akan dipasang di empat gerbong penumpang per kereta dua di tengah dan dua dengan tempat khusus untuk kursi roda.

Kereta yang ditingkatkan juga akan menawarkan perjalanan yang lebih nyaman dengan meningkatkan lebar setiap kursi menjadi 48 sentimeter dari 43,5 cm sambil membuat bagian tujuh kursi menjadi enam kursi.

Tempat duduk khusus ibu hamil berwarna pink akan lebih besar dengan lebar 53 cm.

Seoul Metro juga memutuskan untuk memasang empat perangkat peningkatan kualitas udara per mobil penumpang, dengan mengatakan langkah tersebut dapat menurunkan tingkat debu halus di dalam mobil rata-rata sebesar 21,2 persen.

Seoul Metro mulai mengganti kereta bawah tanah lama dengan yang baru mulai dari Jalur 2 pada tahun 2014. Proyek renovasi untuk jalur tersebut akan selesai tahun ini, dan operator berencana untuk juga memberikan perubahan pada kereta lama yang beroperasi di Jalur 4 dan Jalur 8.

Operator bertanggung jawab atas sebagian besar jalur dari 1-9 di sistem Kereta Bawah Tanah Metropolitan Seoul. (Yonhap/dd)