Seorang Wanita Ditemukan Tewas di Apartemen Manhattan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Seorang pria berusia 25 tahun telah didakwa dengan pembunuhan setelah dia diduga mengikuti seorang wanita ke apartemennya di New York dan menikamnya puluhan kali dengan pisau pada Minggu (13/2) pagi, kata jaksa.

Video pengawasan dari pintu masuk apartemen Chrystie Street di lingkungan Chinatown Manhattan menunjukkan Christina Yuna Lee, 35, memasuki gedung sekitar pukul 4.20 pagi dan seorang pria mendorong pintu terbuka saat pintu itu menutup di belakangnya dan mengikutinya ke dalam, menurut sebuah pengaduan. diajukan oleh Kantor Kejaksaan Distrik Manhattan.

Pria itu, yang diidentifikasi oleh penyelidik sebagai Assamad Nash, diduga mengikuti Lee ke lantai enam apartemen sambil tetap menaiki tangga di bawahnya, menurut bukti video yang dijelaskan dalam pengaduan.

Ketika Lee mencapai apartemen dan masuk, pria itu berlari ke pintunya dan mendorongnya masuk, menurut pengaduan. Seseorang di gedung itu mendengar suara wanita berteriak minta tolong, datang dari area apartemen Lee, dan polisi menanggapi panggilan 911 tentang perselisihan, kata pengaduan itu.

Petugas yang menanggapi mendengar seorang wanita meminta bantuan dari dalam apartemen ketika mereka tiba sekitar pukul 4:25 pagi, kata pengaduan itu, tetapi tidak bisa masuk ke apartemen pada waktu itu. Tidak jelas mengapa petugas tidak bisa segera masuk ke apartemen. CNN telah menghubungi NYPD untuk memberikan komentar.

"Mereka mendengar korban meminta bantuan dari dalam apartemen tetapi kemudian dia diam," kata pengaduan itu.

"Terdakwa meniru suara (seorang) wanita ketika dia berada di apartemen dan mengatakan mereka tidak membutuhkan polisi," kata pengaduan itu.

Menurut pengaduan, pada satu titik, Nash berusaha melarikan diri dari apartemen.

"Terdakwa mencoba untuk keluar melalui tangga darurat tetapi melihat seorang petugas di atap di atasnya dan masuk kembali - petugas melihat benda kuning di tangannya," kata pengaduan.

Unit Layanan Darurat NYPD dipanggil ke tempat kejadian dan petugas dapat masuk sekitar pukul 5:40 pagi, kata jaksa. Begitu berada di dalam apartemen, kata jaksa, petugas menemukan Lee di lantai kamar mandi, telanjang dari pinggang ke atas, dengan lebih dari 40 luka tusuk, menurut rekaman kamera tubuh yang dijelaskan dalam pengaduan.

Pejabat sejauh ini belum memberikan kejelasan mengapa petugas membutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk mengakses apartemen. Kantor Walikota Eric Adams tidak memberikan komentar ketika ditanya tentang penundaan itu, dan NYPD belum menanggapi.

Jaksa mengatakan rekaman kamera tubuh dari polisi, setelah masuk, menunjukkan Nash ditemukan bersembunyi di bawah tempat tidur dengan luka tusuk di badan dan luka di tangan dan dada. Sebuah pisau bergagang kuning ditemukan di belakang meja rias di ruangan yang sama, menurut bukti dari kantor kejaksaan.

Nash didakwa dengan satu tuduhan pembunuhan tingkat pertama, satu tuduhan perampokan tingkat pertama dan satu tuduhan perampokan bermotivasi seksual, menurut dokumen pengadilan.

Dia dijadwalkan muncul di pengadilan lagi Jumat, kata juru bicara jaksa distrik Manhattan Naomi Puzzello. Jaksa mengatakan mereka akan meminta agar dia ditahan tanpa ikatan.

Nash diwakili di pengadilan oleh seorang pengacara untuk Lembaga Bantuan Hukum, kata Puzzello. CNN telah menghubungi Lembaga Bantuan Hukum untuk memberikan komentar.

Jaksa mengatakan Nash dibebaskan dengan pengawasan pada tiga kasus terbuka lainnya, termasuk setidaknya satu kasus di mana dia diduga meninju orang asing di kereta bawah tanah.

Tidak jelas apakah ras atau etnis Lee berperan dalam serangan itu, atau apakah Satuan Tugas Kejahatan Kebencian NYPD terlibat dalam penyelidikan, tetapi pembunuhan seorang wanita Asia di Chinatown kembali menimbulkan ketakutan di New York dan di seluruh negeri. di mana orang Asia telah dipengaruhi oleh peningkatan kekerasan anti-Asia dalam beberapa tahun terakhir, kata para advokat.

"Saya dan warga New York di seluruh kota berduka atas wanita tak bersalah yang dibunuh di rumahnya tadi malam di Chinatown dan berdiri bersama saudara-saudari Asia kami hari ini," kata Adams. "Misi pemerintahan ini jelas. Kami tidak akan membiarkan kekerasan ini dibiarkan begitu saja." (cnn/dd)