Sembilan Nama Komisioner KPI 2016-2019 Ditetapkan DPR

By Admin


nusakini.com - Akhirnya, sembilan nama anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) periode 2016-2019 ditetapkan Komisi I DPR RI.

Sembilan nama anggota KPI baru itu adalah Nuning Rodiyah, Sudjarwanto Rahmat, Yuliandre Darwis, Ubaidillah, Dewi Setyarini, Obsatar Sinaga, Mayong Suryo, Hardly Stefano, dan Agung Suprio.

Penetapan sembilan nama tersebut dilakukan setelah Komisi I melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dan mendengar visi dan misi terhadap 27 calon anggota KPI secara maraton dua hari terakhir. Komisi I DPR RI pun memutuskan melakukan pemungutan suara (voting) untuk memilih sembilan nama yang akan ditetapkan sebagai anggota KPI Pusat.

“Mereka yang terpilih ini adalah pilihan 10 fraksi di Komisi I DPR, dengan harapan mereka mampu bersinergi dan bekerja maksimal untuk mendukung dan mengawal konten penyiaran yang lebih berkualitas dan independen,” kata Ketua Komisi I DPR, Abdul Kharis Almasyhari, usai pemilihan calon anggota KPI di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Ia menambahkan, sembilan orang itu terpilih berdasarkan tiga kriteria yang ditetapkan DPR, yaitu integritas, wawasan dan kemampuan. Kala pemungutan suara, total anggota Komisi I yang hadir adalah 54 orang. Pemungutan suara dilakukan secara tertutup. Masing-masing anggota Komisi I DPR RI memilih sembilan nama calon anggota.

“Dua diantaranya perempuan sebagai representasi keterwakilan perempuan,” ujar Legislator PKS dari Daerah Pemilihan Solo Raya ini. Laporan terhadap penetapan sembilan nama ini akan disampaikan secara resmi dalam Rapat Paripurna Masa Persidangan V Tahun Sidang 2015-2016 hari ini (Rabu, 20/7/2016), sekaligus pengambilan keputusan untuk menetapkannya secara resmi untuk menjadi Komisioner KPI Periode 2016-2019. (ifm/mk)