Bertepatan dengan hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2016 lalu, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) melakukan syukuran bertajuk Go Live ARTG di Terminal Petikemas Semarang. Acara tersebut memang sengaja digelar untuk menandai perjuangan seluruh kerja keras para pegawai Pelindo III dalam mewujudkan otomatisasi dan modernisasi alat di Terminal Petikemas Semarang.

“Mari kita berbangga, karena ini merupakan hasil kerja keras kita semua” ungkap General Manager Pelindo III TPKS Erry Akbar Panggabean di sela sela acara tersebut. Erry melanjutkan, bahwa dengan adanya alat yang sangat modern tersebut harus juga diimbangi dengan produktivitas yang baik untuk kemajuan Pelindo III.

Dengan adanya 11 unit ARTG ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas di TPKS, serta yang tidak kalah penting adalah terkait dengan masalah lingkungan hidup. Penggunaan ARTG yang pergerakannya menggunakan listrik dinilai juga jauh lebih ramah terhadap lingkungan, sehingga semakin mendekatkan dengan tujuan Pelindo III untuk menjadikan Pelabuhannya berbasis lingkungan atau green port.

Acara itu sendiri dikemas dengan sederhana. Dihadiri oleh manajemen dan para pegawai Pelindo III TPKS, namun berlangsung dengan sangat khidmat. Kendati dilaksanakan di dekat Container Yard (CY) 05 TPKS dan dimulai sekitar pukul 11.00 WIB namun para pegawai yang datang terlihat sanagt bersemangat akan Go Live tersebut. Acara dimulai dengan sambutan dari General Manager dan langsung dialnjutkan dengan pemecahan kendi yang dilakukan bersama – sama oleh Seluruh Manager Pelindo III TPKS yang sekaligus menandai bahwa ARTG di TPKS telah go live, selanjutnya acara ditutup dengan pemotongan tumpeng dan makan bersama. “Dibalik kesederhanaan ini ada orang – orang hebat yang mampu mengoperasikan alat alat hebat disini,” ungkap Erry Akbar. (p/mk)