Selain Ketupat dan Opor, Ini 5 Menu Lebaran Khas Sunda

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Semarak perayaan Lebaran menjadi momen paling ditunggu oleh kaum Muslimin. Selain dapat berkumpul dengan keluarga besar, Lebaran juga identik dengan berbagai makanan lezat.

Soal makanan khas Lebaran di Indonesia, selain ketupat dan opor yang menjadi ikon, ada juga 5 hidangan Lebaran khas Sunda yang tak pernah absen dihidangkan saat Lebaran tiba.

1. Nasi tutug oncom

Kuliner khas Jawa Barat ini diambil dari kata ‘tutug’ dalam bahasa Indonesia artinya tumbuk atau aduk. Sedangkan oncom produk fermentasi olahan tempe. Oncom ini lalu digeprek dengan bumbu kencur dan cabai rawit. Biasanya nasi tutug oncom disandingkan dengan tahu, tempe, dan ayam goreng. Tidak lupa sambal terasi dan lalapan sayur.

2. Nasi timbel


Meskipun nasi timbel tidak selalu disajikan ketika perayaan Lebaran, namun masyarakat Jawa Barat acapkali menyajikan menu ini saat momen mudik, kumpul bersama keluarga.

Nasi timbel menggunakan bungkusan daun pisang dan disajikan bersama lauk, seperti ikan, ayam goreng, sampai daging, ditambah lalapan dan sambal sebagai kondimen yang wajib ada.

3. Mie kocok

Layaknya opor ayam, bagi warga Bandung sajian mie kocok termasuk menu wajib saat Lebaran. Kenyalnya kikil dan lezatnya kuah sapi menjadi salah satu alasan hidangan berbahan dasar mie kuning ini banyak dicari orang.

4. Karedok

Kuliner satu ini ternyata berasal dari desa yang bernama Desa Karedok yang tepatnya berada di Kecamatan Jatigede, Sumedang, Jawa Barat. Karedok terdiri dari beberapa sayuran mentah antara lain, kol, tauge, timun, kacang panjang, terong, dan daun kemangi. Sayuran tersebut dipadukan dengan bumbu kacang, bawang putih, kencur, cabe merah, gula jawa, garam, asam, dan terasi. Supaya lebih kenyang karedok biasanya ditambahkan lontong/ketupat dan kerupuk.

5. Besengek cabe hijau

Meskipun hidangan ini cukup asing, namun besengek menjadi salah satu makanan yang wajib ada di momen-momen besar warga Sunda, seperti hajatan bahkan seringkali disajikan saat Lebaran. Hidangan besengek dibuat dari cabai besar hijau dan bumbu rempah-rempah. Bumbu yang dibutuhkan yaitu garam, kemiri, lengkuas, cabai, bawang, kaldu bubuk, dan batang serai. (NU)