Sektor Satu Siap Terima Kedatangan Perdana Jemaah Haji di Makkah

By Admin

nusakini.com-- Kepala Sektor Satu Daerah Kerja (Daker) Makkah Herman memastikan bahwa jajarannya siap menerima kedatangan perdana jemaah haji Indonesia di Kota Kelahiran Nabi Muhammad Saw. Mereka adalah jemaah kloter pertama embarkasi Padang (PDG 01) yang dijadwalkan akan tiba di Makkah pada 18 Agustus yang akan datang. 

"Sektor satu sudah siap menyambut jemaah. Rumah 101 siap menyambut kedatangan jemaah kloter satu Embarkasi Padang (PDG 01) pada 18 Agustus," demikian penegasan Herman saat ditemui di Kantor Sektor 1 yang berada di kawasan Mahbas Jin, Makkah, Sabtu (13/08). 

"Kamar sudah siap. Kamar mandi juga sudah siap. Mushalla sudah siap, ruang tamu memadai. Harapannya tidak ada masalah dalam menyambut kedatangan PDG 01," tambahnya. 

Sektor satu membawahi 9 pemondokan yang rata-rata setara dengan hotel bintang tiga. Gugusan hotel ini berjajar memanjang di sepanjang kawasan Mahbas Jin dengan jarak yang tidak terlalu berjauhan. Total jemaah haji yang akan menampati perumahan di sektor satu ini berjumlah 18.899 orang. 

Menurut Herman, 444 jemaah PDG 01 akan menempati pemondokan 101 yang dikenal dengan nama Nasamat Al Khair. Gedung dengan 16 lantai ini memiliki kapasitas 2.384 tempat tidur. Jumlah tempat tidur per kamar bervariasi, sesuai ukuran kamar, dengan kisaran 3 sampai 6 unit atau rata-rata 4 orang per kamar. 

Layaknya hotel bintang tiga, gedung ini dilengkapi dengan ruang lobby yang cukup luas. Ada 11 lift yang bisa digunakan oleh jemaah. Selain air mineral dalam kemasan botol 600 ml yang akan dibagikan kepada jemaah, pihak hotel juga menyediakan 4 dispenser dengan gallon berisi air zamzam di setiap lantainya. Kamar mandi hotel dilengkapi dengan closet duduk dan shower untuk mandi. 

Hotel ini juga menyediakan fasilitas toko Indonesia yang menjual berbagai macam keperluan jemaah sehingga tidak perlu jauh-jauh keluar hotel. Tepat di bagian depan hotel, dalam jarak sekitar 20 meter terdapat masjid yang cukup besar sehingga bisa digunakan para jemaah haji Indonesia untuk Salat berjamaah. 

Akses jemaah ke Masjidil Haram juga terbilang mudah. Di seberang jalan hotel adalah terminal Mahbas Jin yang dilewati bus salawat yang akan mengantarkan mereka pulang pergi ke Masjidil Haram selama 24 jam. 

Selain jemaah PDG 01, hotel yang berjarak sekitar 2km dari Masjidil Haram ini akan ditempati juga oleh jemaah dari kloter 16 dan kloter 35 Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS 16 dan 35), kloter 37 Embarkasi Solo (SOC 37), serta kloter 23 dan 42 Embarkasi Surabaya (SUB 23 dan SUB 42). 

Wakil Kepala Sektor Satu Misroni menambahkan bahwa untuk memberikan layanan terbaik kepada jemaah, kantor sektor satu dilengkapi dengan sejumlah ruang layanan. Selain ruang system informasi haji terpadu (siskohat) dan tata usaha, ada juga klinik kesehatan sektor dan ruang penyimpanan obat. 

"Sektor juga menyiapkan ruang pelayanan umum yang antara lain bisa difungsikan sebagai sarana memberikan bimbingan ibadah kepada jemaah," ujar Misroni. (p/ab)