Sekjen LP Ma’rif NU PBNU Beri Selamat KH Yahya Staquf Terpilih Jadi Ketum PBNU

By Admin


nusakini.com - Lampung - Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2026. Gus Yahya terpilih dalam Muktamar NU ke-34 di Lampung.

Berlokasi di Gedung Serbaguna, Universitas Lampung (Unila), Jumat, 24 Desember 2021, Gus Yahya mesti melewati dua putaran pengambilan suara. 

Di putaran dua, ia bersaing dengan petahana Said Aqil Siradj. Hasil perhitungan suara putaran kedua, Gus Yahya memperoleh suara sebanyak 337 suara. Sedangkan, Said Aqil mendapatkan perolehan suara sebanyak 210 suara. Dan, suara tidak sah atau batal 1 suara.

Beberapa tokoh, ulama dan yang lain-lain memberikan ucapan selamat kepada KH. Yahya Cholil Staquf atas terpilihnya sebagai Ketua Umum PBNU 2021-2026. 

Begitu juga Harianto Oghie (Sekjen LP Ma’arif NU PBNU) memberikan ucapan selamat terpilihnya KH Yahya Cholil Staquf sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2026. Harianto Oghie juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada KH Said Aqil Siradj yang memimpin PBNU sejak 2010. Sebelumnya sudah dilakukan pemilihan Rais Aam PBNU.

Pemilihan Rais Aam PBNU ini dilakukan oleh sembilan ulama yang menjadi anggota Ahwa, yaitu KH Dimyati Rois, KH Ahmad Mustofa Bisri, KH Ma’ruf Amin, KH Anwar Manshur, TGH Turmudzi Badaruddin, KH Miftachul Akhyar, KH Nurul Huda Jazuli, KH Ali Akbar Marbun, dan KH Zainal Abidin. Ahwa sepakat dengan musyawarah yang penuh dengan kesantunan itu sepakat bahwa yang Rais Aam PBNU 2021-2026 al mukarram KH Miftachul Akhyar.

“Selamat Untuk KH. Yahya Cholil Staquf yang Terpilih sebagai Ketua Umum PBNU 2021-2026 dan selamat KH. Miftachul Akhyar kembali terpilih sebagai Rais Aam Nahdlatul Ulama periode 2021-2026 melalui Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung”.

"Ke depan kepemimpinan NU juga akan mengawal transformasi perkembangan pendidikan di era digital dan transisi normal baru dari pandemi ke endemi," ucapnya. (Konten Media Partner: dailymakassar.id)