Seikat Tali Misterius di Permukaan Mars Ditemukan oleh Rover Perseverance

By Nad

nusakini.com - Internasional - Rover Perseverance milik NASA menangkap gambar yang tidak biasa dari sesuatu yang tergeletak di pasir merah Mars: seikat tali.

Kamera penghindaran bahaya yang terletan di sebelah kiri depan rover tersebut mengambil foto objek berwarna terang pada 12 Juli yang oleh sebagian orang disamakan dengan spageti.

Pejabat di badan antariksa mengkonfirmasi bahwa mereka yakin benda itu adalah tali yang tersisa dari pendaratan Perseverance.

Tali itu bisa dari rover atau tahap penurunannya, komponen yang mirip dengan paket jet bertenaga roket yang digunakan untuk menurunkan rover dengan aman ke permukaan planet, menurut juru bicara misi Perseverance di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California.

Perseverance sebelumnya tidak ada di daerah di mana tali itu ditemukan, jadi kemungkinan angin bertiup di sana, kata juru bicara itu.

Saat ini menjelajahi delta kuno yang disebut Kawah Jezero, penjelajah sedang mencari tanda-tanda kehidupan mikroskopis yang mungkin telah menjadikan Mars sebagai rumah miliaran tahun yang lalu, kata juru bicara itu. Kawah inilah tempat Perseverance awalnya mendarat pada 18 Februari 2021.

Ketika Perseverance mengunjungi kembali tempat tali itu empat hari kemudian, benda itu hilang.

Ini bukan pertama kalinya rover menemukan potongan-potongan material yang tersisa dari penurunannya di Mars.

Kamera Perseverance mengambil foto pecahan foil mengkilap pada pertengahan Juni, menurut tweet dari akun resmi rover. Tim percaya itu adalah bagian dari selimut termal rover, bahan tipis yang mengatur suhu, yang mungkin jatuh selama tahap penurunan.

Tim penjelajah di NASA sedang meneliti lebih lanjut tentang potongan puing baru dan berencana untuk merilis lebih banyak detail akhir pekan ini. (cnn/dd)