SDM Unggul Kunci Menangkan Persaingan Global

By Admin


nusakini.com - Jakarta, Sumber Daya Manusia (SDM) unggul merupakan kunci untuk memenangkan persaingan global. Untuk itu, peningkatan kapasitas SDM merupakan salah satu prioritas utama dalam pembangunan pemerintah yang dapat dicapai diantaranya melalui pendidikan.

“Dalam mengembangkan SDM unggul, sebuah lembaga pendidikan tidak hanya cukup mengandalkan pembelajaran teoritis semata, tapi juga harus dapat menangkap berbagai dinamika dalam masyarakat dan menjadi katalisator peningkatan kapasitas masyarakat,” ujar Wakil Presiden (Wapres) K. H. Maruf Amin pada acara Wisuda Universitas Terbuka Periode Kedua Tahun Akademik 2019-2020 secara virtual Selasa (21/07/2020).

Lebih jauh Wapres menuturkan, selain penyempurnaan kualitas pendidikan yang berbentuk hard skills atau pendidikan pengembangan kemampuan teknis sesuai bidangnya, juga perlu didorong pengembangan soft skills atau pendidikan untuk meningkatkan kemampuan interpersonal.

“Pendidikan karakter juga menjadi landasan bagi generasi muda untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, seperti sopan santun, saling menghargai dan menghormati, serta toleran,” urainya.

Oleh karena itu, tambah Wapres, pendidikan karakter perlu dilaksanakan dalam porsi yang sama dengan pendidikan kompetensi dan diberikan dengan cara-cara yang inovatif dan kreatif.  

“Akan tetapi metode pendidikan karakter tersebut haruslah lebih inovatif dan kreatif agar tetap menarik dan efektif,” pesan Wapres. (RN KIP).