SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Gelar Debat Kandidat Ketua & Wakil Ketua OPDIS-MPK Periode 2023/2024

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Tahapan pergantian pengurus baru Organisasi Peserta Didik Intra Sekolah (OPDIS) -Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga telah memasuki tahap debat kandidat. Acara ini digelar di Gymnasium Sekolah Islam Athirah pada Kamis (23/2/23) siang.

Debat kandidat dihadiri oleh Wakil Kepala SD Bidang Kesiswaan & Keagamaan, guru-guru, perwakilan BMJ, Panelis dan siswa-siswi kelas 4-6 SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga. Acara ini tentu tak lengkap tanpa kehadiran pasangan kandidat yang nantinya akan dipilih.

Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua OPDIS-MPK Periode 2023/2024, yaitu nomor urut 1 Ahmad Roziin Arhad Saputra-Andi Athiya Anindiya Hilman, nomor urut 2 Fakhira Qisya Azzahra Munawir-Malikal Perdana Makmur, nomor urut 3 Muhammad Faiz Ramadhan-Flicka Athari Hanania Sahrani, dan nomor urut 4 Muhammad A'raf Husni Ingratubun-Jihan Amira Hasan.

Adapun tujuan dari debat ini adalah untuk mempertemukan gagasan para kandidat yang berupa visi, misi dan program yang akan dilaksanakan ketika terpilih menjadi Ketua OPDIS-MPK serta sebagai penilaian warga SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga sebelum menentukan pilihannya .

Wakil Kepala SD Bidang Kesiswaan & Keagamaan, Mursalim, S.Pd. dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dikarenakan kegiatan debat kembali dapat diselenggarakan secara langsung.

"Alhamdulillah pada tahun ini kita kembali dapat menyelenggarakan debat secara langsung, yang mana 2 tahun terakhir karena pandemi Covid-19 kita selenggarakan secara online, seperti pengurus OPDIS sekarang, itu semua pelaksanaannya secara online. Nah, disinilah anak-anakku dapat melihat dan menilai, yang mana nantinya yang akan dipilih untuk menjadi ketua dan wakil ketua OPDIS", jelasnya.

Acara debat dimulai dengan pembukaan oleh MC, lalu pembacaan ayat suci Al-Quran, kemudian seluruh peserta yang hadir menyanyikan lagu "Indonesia Raya" dan "Mars Athirah". Selanjutnya sambutan dari pimpinan, lalu dilakukan penyampaian visi misi calon ketua dan wakil ketua.

Pada sesi tanya jawab disampaikan oleh tiga panelis, yakni Ketua OPDIS SD Islam Athirah 2 oleh Ainun Qhisty, Ketua OSIS SMP Islam Athirah 2 oleh Nayla Syakira Siddiq dan Ketua OSIS SMA Islam Athirah 2 oleh Dhiva Dwi Alika Sadiq. Adapun tiga tema besar yang diangkat adalah tema lingkungan, tema sosial dan tema teknologi/media sosial.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antar pasangan calon ketua dan wakil ketua. Para peserta terlihat begitu bersemangat dalam kegiatan ini, tak kalah orang tua peserta calon yang turut hadir mendampingi pun terpantau antusias memberikan support kepada sang buah hati tercinta. Keseruan acara ditambah dengan yel-yel dari para pendukung pasangan calon.

Setelah sesi debat selesai, perwakilan orang tua peserta menyampaikan apresiasi terhadap acara yang diselenggarakan ini diantaranya.

"Siapapun nanti yang terpilih, kandidat lain bisa mendukung visi misinya, semoga pengalaman ini akan menjadi pengalaman berharga", terang Rizky Widyasari Syam, ST.

"Semoga ini bisa memberikan pengalaman berharga bagi ananda semua, siapapun yang terpilih bisa merangkul yang lain menjalankan visi misi dan programnya", ungkap Eka Prasetyawati.

"Kegiatan ini dapat menambah kepercayaan diri, memberikan pengalaman baru dan meningkatkan skill masing-masing", papar Andi Gerhani Wulandari.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat, salut buat sekolah Athirah ini menjadi nilai tambah bagi dapat melatih diri berbica di depan umum", kata Hj. Darnawati HM.,MM.(rilis/rajendra)