Sarpras Lengkap, Kemenag Minta MAN IC Jadi Pionir Digitalisasi Madrasah

By Abdi Satria


nusakini.com-Kayuagung-Sebagai lembaga pendidikan unggulan binaan Kementerian Agama, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) sudah dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Ishom Yusqi meminta MAN IC terdepan atau menjadi pionir dalam proses digitalisasi madrasah.

Hal ini disampaikan Ishom saat memberikan pembinaan dan motivasi kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dan Peserta Didik MAN IC Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Senin (17/01) di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu MAN IC OKI.

Hadir, Kakanwil Kemenag Sumsel yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag Sumsel Muhammad Ali dan Kasi Penmad Kemenag OKI Syamsul Bahri.

Menurut Ishom, transformasi digital menjadi salah satu program prioritas Kementerian Agama di bawah kepemimpinan Menag Yaqut Cholil Qoumas. Karenanya, ‘Transformasi Layanan Umat’ menjadi tema Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama. Ke depan, seluruh satuan kerja Kemenag didorong melakukan percepatan dalam proses transformasi layanan, termasuk dalam digitalisasi, sehingga memudahkan akses masyarakat.

Hal ini juga harus dilakukan oleh 23 MAN IC yang tersebar di seluruh Indonesia. Apalagi, hampir semuanya sudah dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai, termasuk MAN IC OKI. “Di Era Pembelajaran Tatap Muka (PTM) ini kita semua dituntut untuk bisa melakukan perubahan menuju digitalisasi madrasah. MAN IC OKI saya melihat sudah sangat baik melaksanakan digitalisasi madrasah di era PTM ini,” ujar Isom.

“Kita sudah melengkapi sarana prasarana untuk menunjang kegiatan di madrasah, demi mewujudkan madrasah mandiri berprestasi dengan digitalisasi madrasah yang kita miliki,” sanmbungnya.

Kepala MAN IC OKI Kiagus Faisal menyampaikan terima kasih dan rasa Bahagia atas kunjungan Direktur KSKK di awal tahun 2022. “Alhamdulillah sangat senang orang tua kita yakni Direktur KSKK Madrasah berkesempatan berkunjung di madrasah kita ini untuk memberikan pembinaaan dan motivasi bagi kita semua di Kampus MAN IC OKI,” terang Faisal.

Dalam kesempatan itu, Ishom Yusqi juga menyempatkan diri untuk melihat sejumlah sarana prasarana MAN IC OKI, mulai dari Gedung Guru, Gedung SBSN yang terdiri dari Gedung Laboratorium Terpadu, Gedung Pusat Kegiatan Siswa, Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu, Gedung Asrama Terpadu, Komplek Perumahan Guru MAN IC OKI. (rls)