Sampaikan Aspirasi Melalui Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Islam Athirah 1 Makassar Periode 2022/2023

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Pesta demokrasi usai sudah dilaksakan, Selasa (13/12) dengan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMP Islam Athirah 1 Makassar periode 2022/2023. Pada pemilihan kali ini dimenangkan oleh paslon 02 yakni Muhammad Naufal Assyabri Monoarfa dan Andi Tenriolle Bunga Awalia.

Kedua paslon ini memiliki pendukung masing-masing yang mengandalkan kelebihan paslon yang mereka dukung. Visi dan misi setiap paslon serta program kerja yang mereka sampaikan cukup memukau audiens dan panelis. Namun dari dua paslon tersebut harus ada satu yang menjadi pemenangnya. Dan kemenangan itu akhirnya jatuh pada paslon nomor 02 dengan mendapatkan suara sebanyak 133 suara.

Wakasek kesiswaan dan keagamaan SMP Islam Athirah 1 Makassar Musawwir Mus,Lc., menyampaikan bahwa sesungguhnya kegiatan PEMILOS ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berdemokrasi.

"Dalam pemilos kali ini, peserta didik diharapkan dapat menyuarakan aspirasi dengan cara memilih langsung paslon yang didukung berdasarkan pengamatan dan interaksi di sekolah," imbuhnya. 

Menurut salah satu guru PKn Dra. Hj. Sudidarmi dengan pemilihan OSIS ini, anak-anak mempraktikkan pembelajaran menggunakan hak pilihnya untuk memilih salah satu paslon ketua OSIS dan wakilnya.

“Salah satu pembelajaran PKn yang mengajarkan teori tentang belajar demokrasi pada peserta didik ini, menjadi suatu cara belajar yang lansung dipraktikkan lewat pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMP Islam Athirah 1. Kebebasan berpendapat dan berkarya dalam budaya demokrasi untuk menilai dan melekatkan komunikasi dan perilaku kebebasan warga sekolah untuk menghasilkan siswa yang cerdas, jujur, kritis, dan adil, sehingga mendapatkan pemimpin yang amanah,” tuturnya. 

A.Rifqah Fadhillah Nasruddin dari kelas 7 Omar Khayyam menyampaikan bahwa pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS hari ini alhamdulillah berjalan lancar. Tata cara pemilihannya yaitu siswa bergantian perkelas duduk di kursi yang telah disediakan oleh panitia.

Selanjutnya memasuki bilik suara setelah nama dipanggil dengan membawa handphone ke bilik suara. Kemudian scan barcode untuk membuka link pemilihan dan selanjutnya memilih siapa yang sesuai dengan hati pemilih. Pemilihan ini menggunakan google form dengan akun Sekolah Athirah.

“Kesan saya dalam pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMP Islam Athirah 1 ini berbeda sewaktu di SD. Walaupun di Sekolah Dasar belum ada OSIS tapi namanya OPDIS yang pemilihannya menggunakan kertas untuk mencoblos pilihan kami. Saya senang bisa menyampaikan aspirasi saya di dalam pemilihan ini karena diberi hak untuk bebas memilih berdasarkan suara hati kami.” ungkapnya. 

Alya Tri Putri kelas 8 Muhammad Natsir menuturkan bahwa pemilihan ketua OSIS di tahun ini sangat menarik karena kedua paslon memiliki visi, misi, dan program kerja yang sangat keren untuk menjalankan OSIS lebih baik lagi untuk satu tahun ke depan.

Di tahun ini pemilihan dipilih oleh siswa dan guru melalui google form. Para siswa sedikit kebingungan dalam pemilihan ini, karena program kedua paslon sangat menarik dan juga kepribadian mereka benar-benar kuat untuk dipilih satu dari dua paslon tersebut.

“Saya berharap yang terpilih hari ini dapat memimpin OSIS SMP Islam Athirah 1 Makassar dengan baik dan semuanya dapat menjalin hubungan erat dengan bekerja sama, menjunjung tinggi rasa tanggung jawab, serta kejujuran.” katanya. 

Ketua OSIS periode 2021/2022 Alifia Ramadhani mengungkapkan bahwa dia selaku ketua OSIS sangat antusias dengan pemilos ini.

“Tentunya saya berharap siapapun paslon yang terpilih semoga bisa menjadi teladan untuk seluruh siswa-siswi SMP Islam Athirah dan kepengurusan tahun depan bisa lebih sukses dan bisa menjadi wadah bagi siswa-siswi Athirah,” tekadnya. 

Drs. H.Sangkala, DT juga menyampaikan pendapatnya bahwa pemilihan ketua OSIS SMP Islam Athirah 1 Makassar periode 2022/2023 kali ini sungguh luar biasa dan sangat keren. Karena proses pemilihannya selain suasana sudah demokrasinya yang nyata, juga sudah menerapkan sistem digital yakni dengan pemilihan via google form.

Pemilihan melalui google form ini, calon pemilih sudah dilengkapi dengan foto dan nama paslon. Dan lansung terakomodir dengan sistem yang sudah terancang khusus KPO-SMP Islam Athirah (Komisi Pemilihan OSIS).

“Saya selaku guru Athirah telah berpartisipasi dalam pemilihan ini dengan sistem online. Semoga ke depannya OSIS SMP Islam Athirah 1 Makassar lebih jaya dan sukses dengan pemimpin barunya,” harapnya.(rilis/Rajendra)