Sampai Akhir April Dana Desa Sudah Terserap Rp.16 T

By Admin

nusakini.com-- Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan Budiarso Teguh Widodo mengatakan pada akhir April pihaknya mencatat penyerapan dana desa termin pertama telah mencapai Rp16 triliun.Penyerapan dana desa ini jauh melampaui penyerapan pada periode yang sama di tahun sebelumnya."Penyerapan tahun ini cukup cepat jika dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama baru beberapa ratus miliar saja,” ujarnya, Senin (2/5/2016). 

Dia berharap penyerapan dana desa yang pesat itu bisa mendorong pembangunan infrastruktur di pedesaan. Selain itu, menurutnya, penyerapan yang cepat juga mesti diikuti dengan pelaporan penggunaan anggaran ke pemerintah daerah dan diteruskan ke Kementerian Keuangan.

Menurut Budiarso, dari hasil evaluasi penyaluran dana desa tahun lalu, masih ditemukan adanya daerah yang terlambat menyerap dana dan menumpuk di akhir tahun. Oleh karena itu, dengan adanya penyaluran dua tahap pada tahun ini, masing-masing 60% dan 40%, diharapkan setiap desa mampu segera melakukan penyerapan.

Sementara itu, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) KementerianDesa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ahmad Erani Yustika mengungkapkan bahwa dana desa bisa menyerap jutaan tenaga kerja berdasarkan asumsi bahwa 60% dari total dana desa tahun ini (Rp28,14 triliun) digunakan untuk investasi pembangunan infrastruktur meski hanya bersifat sementara atau tiga bulan saja.

“Sementara itu sekitar 30% atau setara dengan Rp14,07 triliun dana desa akan digunakan untuk pengembangan ekonomi desa dan sisanya 10% atau Rp4,69 triliun disalurkan bagi pelayanan sosial dasar,” paparnya. (ab)