nusakini.com-Jakarta-Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H, PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) sebagai anak usaha dari PT Pertamina International Shipping (PIS) yang merupakan Subholding Integrated Marine Logistics (IML) Pertamina, seperti tahun-tahun sebelumnya, sudah mempersiapkan diri guna pemastian dukungan terhadap ketahanan pasokan LPG dan BBM.

Dengan diawaki oleh Port Manager dan Supervisor sebagai pemberi komando di tiap lokasi, mooring gang sebagai tenaga penunjang yang melaksanakan kegiatan mooring unmooring di sarana tambat, serta tim tenaga penunjang operasional Marine untuk melaksanakan kegiatan Agency, Port Operation, dan Bunker Control, PTK secara konkret memastikan kelancaran kegiatan operasional Marine di Pelabuhan Pertamina seluruh Indonesia, sebagai penunjang Distribusi LPG dan BBM sepanjang masa Ramadhan hingga Idul Fitri 1443 H mendatang yang dikoordinasikan secara terpusat baik dengan Subholding maupun Holding.

“Dalam menyambut Idul Fitri 2022, PTK selalu siap sedia melakukan monitoring, pengawasan, dan penyediaan sarana prasarana pendukung kegiatan operasional Marine yang andal, hal ini merupakan bagian dari kewajiban kami menyediakan layanan Marine Service dalam Subholding Integrated Marine Logistics,” ujar Direktur Utama PTK, Nepos MT Pakpahan . Lebih lanjut, kesiapsiagaan PTK juga ditunjukkan dengan memastikan ketersediaan kapal jenis Harbour Tug dan Small Craft.

PTK memastikan ketersediaan Harbour Tug untuk kegiatan sandar lepas dan operasional di sarana tambat milik Subholding Commercial & Trading (PT Pertamina Patra Niaga (PPN)) dan Subholding Refinery & Petrochemical (PT Kilang Pertamina Indonesia (KPI)), guna mendukung 282 Kapal Angkutan PIS. Sebanyak 96 Harbour Tug yang siap operasi 100% dialokasikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing lokasi, baik di lokasi PPN maupun KPI, dengan tujuan utama yaitu lancar dan selamatnya proses sandar lepas kapal di Pelabuhan.

Dalam penyediaan kapal jenis small craft, PTK bertugas mengelola dan mengatur alokasi kapal tersebut. Sebanyak 307 small craft dikerahkan untuk kegiatan mooring unmooring, personnel transfer dan oil/fire fighting di seluruh Pelabuhan PPN dan KPI. Dengan target deliverables “Siap Operasi, Handal, dan Safety First”, seluruh Perwira PTK siap siaga untuk bertanggung jawab dan bertugas dalam kegiatan Port Operation di 101 Pelabuhan Pertamina Persero, demi terjaganya keamanan pasokan BBM melalui operasional yang selalu mengedepankan safety dan berkelanjutan. (rls)