Sambangi Surabaya, Peserta Raker Humas Provinsi Kaltim Pelajari Kehumasan

By Admin

nusakini.com--Pemerintah Kota Surabaya dinilai telah melakukan fungsi kehumasan dengan baik. Hal tersebut mendorong pemerintah daerah lain untuk memperluas wawasan dan mekanisme kehumasan yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya. Salah satunya Orientasi Lapangan Raker Humas Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. 

Bertempat di ruang sidang walikota, Balaikota Surabaya, Jumat (31/3), rombongan yang terdiri dari humas kabupaten/kota, humas Polda, dan perusahaan se-Kalimantan Timur diterima oleh Hidayat Syah, Asisten Administrasi Umum Sekdakota Surabaya. 

Tri Murti Rahayu, Kepala Biro Humas Setprov Kalimantan Timur saat menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan mengatakan, agenda tahunan resmi di bidang kehumasan dan protokol. Surabaya tekenal di bidang kehumasan. Menurutnya, setelah mengunjungi Pemerintah Kota Surabaya, rombongan melanjutkan kunjungan ke beberapa stasiun TV lokal yang ada di kota Surabaya. 

Masih menurut Kabiro Humas Setprov Kaltim, Surabaya dinilai telah mengemas dengan baik informasi yang disampaikan kepada masyarakat. Ia berharap ke depan terjadi hubungan kerjasama antara kedua pihak. Ia juga berharap, sepulang dari Surabaya pihaknya akan mengadopsi dan mengimplementasikan yang didapat dari kota Surabaya. 

Sedangkan Hidayat dalam sambutannya mengatakan, dalam penyelenggaraan pemerintahan, Pemerintah Kota Surabaya memanfaatkan e-Government. Hal tersebut mendukung fungsi kehumasan untuk menggambarkan Pemerintah Kota Surabaya sebagai pemerintahan yang terbuka.  

Hidayat menambahkan, setiap ada kegiatan walikota didampingi oleh Kabag Humas. Hidayat juga menjelaskan, Pemerintah Kota Surabaya menggelar press conference dan memproduksi press release seketika setelah dilakukan rapat.  

Sementara itu, Jefry, Kasubag Layanan Informasi Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya menjelaskan, kasubag Peliputan dan Pers advertorial 1 bulan 2x untuk sekitar 40 media. Untuk mejalah Gapura 3.450 eksemplar disebarkan secara gratis ke OPD dan jajaran samping, 6685 eksemplar buku tematik seperti buku liner, jelajah Surabaya dan sebagainya. Laporan kajian opini publik salah satunya dengan analisa kunjungan kerja dari daerah lain ke Surabaya setiap triwulan. 

Sedangkan subag layanan informasi menurut Jefry, pihaknya menggelar media gathering, executive summary, lomba foto, lomba karya jurnalis, lomba blog, dan viral melalui produksi kreatif video narasi dan infografis. (p/ab)