Salurkan Beasiswa KIP-Kuliah, 570 Mahasiswa Terbantu Lewat Perjuangan Mitra Fakhrudidn

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--MAKASSAR--Perjuangan Mitra Fakhruddin MB dalam menyalurkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, membawa banyak manfaat bagi masyarakat khususnya mahasiswa. Sudah ratusan mahasiswa yang terbantu kelanjutan kuliahnya berkat beasiswa ini.

Hal ini dirasakan betul oleh Nurfadillah Hartono, salah satu mahasiswi UNM penerima beasiswa KIP-K. 

"Lanjut kuliah bagi saya cuma mimpi saja. Sebab keluarga kami tidak mampu. Berkat beasiswa KIP-K ini, impian saya terwujud. Banyak terima kasih kepada pak Mitra yang memperjuangkan kami," kata Nurfadillah, disela acara penyerahan beasiswa KIP di UNM, Kamis (16/2).

Putri sulung dari dua bersauadara ini memang berasal dari keluarga pra sejahtera. Apalagi ayahnya telah tiada. Namun, ia termasuk anak yang cerdas. Sehingga sejak SD hingga SMK mendapat beasiswa.

Kini dengan beasiswa KIP, keperluan kuliahnya menjadi jauh lebih ringan. SPP di UNM dicover beasiswa. Plus biaya hidup Rp1,1 juta per bulan atau Rp6,6 juta per semester. 

"Saya bertekad membalas perhatian dari pemerintah dan anggota dewan, dengan menjadi mahasiswa yang berprestasi," tegas Nurfadillah. 

Mahasiswa Prodi Akuntansi itu adalah satu dari 157 mahasiswa UNM lainnya yang menerima KIP. 

Anggota Komisi X DPR RI, Mitra Fakhruddin menjelaskan, ini kali kedua ia memberikan beasiswa KIP-K kepada mahasiswa UNM. Tahun lalu jumlah penerima hanya 120 orang lebih, kini meningkat menjadi 157 orang.

Tak hanya kurang mampu, sasaran beasiswa ini disyarakat bagi mereka yang cerdas dan berprestasi. "KIta berharap tidak ada lagi yang terkendala selesai kuliah hanya karena biaya," kata Mitra. 

Tahun ini, Mitra Fakhruddin, menyalurkan 570 beasiswa KIP-K. Untuk siswa SD, SMP, SMA/SMK ada sebanyak 26.500 siswa yang menerima beasiswa. 

Bupati Enrekang, Muslimin Bando juga banyak memberikan petuah dan inspirasi kepada mahasiswa penerima KIP-K lewat jalur aspirasi Mitra Fakhruddin. Ia meminta agar beasiswa tersebut digunakan sebaik-baiknya.

“Anak-anakku semua harus fokus kuliah. Dana beasiswa yang diterima digunakan sebaik mungkin. Jangan digunakan untuk membiayai anak orang lain,” ujarnya disambut riuh tawa dari para hadirin.

Sementara itu, Rektor UNM, Prof Husain Syam banyak memberikan pujian kepada Mitra Fakhruddin. Katanya, Mitra sangat peduli terhadap pendidikan. Telah banyak beasiswa yang dibawa ke Sulsel.

Tidak hanya sampai level S-1 atau sarjana saja, Mitra lanjut Prof Husain juga membawa mahasiswa dengan beasiawa ke UNM untuk S-2 atau magister.

“Tidak salah kalau Pak Mitra ini menjadi wakil kita di DPR RI. Maka tidak salah pula kalau beliau mau menjadi Bupati, agar bisa memberikan manfaat lebih banyak lagi di masa yang akan datang,” kata Rektor.(rilis/rajendra)