Saluran Air di Grogol Selatan Dikuras

By Al


nusakini.com - Jakarta - Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (Satpel SDA) Kecamatan Kebayoran Lama terus menggencarkan kegiatan pengurasan saluran air untuk mengantisipasi terjadinya genangan terutama saat hujan deras.

Kepala Satpel SDA Kecamatan Kebayoran Lama, Andrian mengatakan, pengurasan saluran air antara lain di lakukan di wilayah permukiman warga di Kelurahan Grogol Selatan. Total sudah sepanjang 1.000 meter saluran air di wilayah tersebut telah selesai dikuras sejak sebelum Lebaran hingga saat ini.

“Total saluran air sepanjang 1.000 meter telah dikuras mulai dari Jalan Tengku Nyak Arif hingga ke Jalan Simprug Golf 18,” ujar Andrian

Menurutnya, sebanyak lima personel Satpel SDA Kecamatan Kebayoran Lama hingga saat ini masih melakukan pengurasan endapan lumpur di sepanjang Jalan Simprug Golf 18, RT 04/08, Kelurahan Grogol Selatan.

"Pengurasan saluran air di permukiman warga menindaklanjuti pengaduan warga yang dilaporkan melakukan aplikasi Cepat Respons Masyarakat (CRM)," katanya.

Ia memaparkan, panjang saluran yang dikuras di Jalan Simprug 18 sekitar 200 meter lebih dengan lebar 60 sentimeter dan ketinggian satu meter.

"Sedimen lumpur yang dikuras ketebalannya mencapai 40 sentimeter. Sebanyak 200 karung disiapkan untuk menguras endapan di dalam saluran," ucapnya.

Ditambahkan Andrian, pengurasan saluran di Jalan Tengku Nyak Arief hingga Jalan Simprug 18 diharapkan mampu mengurai genangan saat hujan deras.

"Kapasitas daya tampung saluran air jadi semakin besar sehingga diharapkan mampu meminimalisir genangan saat hujan deras,” tandasnya.