nusakini.com--Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Makassar kembali meluncurkan program untuk memacu minat, nakat sekaligus meningkatkan kemampuan siswanya. Mulai tahun ajaran 2016/2017, setiap siswa diwajibkan hadir untuk mengikuti program Sabtu Akkkarena. 

"Kami menyediakan 21 kategori eskul meliputi bisang seni, olahraga dan sains. Siswa diwajibkan memilih salah satunya," ujar Mirdan Midding, kepala sekolah SMAN 3 Makassar, Kamis (28/7).

Menurut Mirdan, pihak sekolah menetapkan program Sabtu Akkarena merupakan salah satu syarat untuk menentukan kenaikan kelas atau kelulusan siswa. "Kami ingin lulusan SMAN 3 Makassar memiliki nilai lebih yang dapat digunakan untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya. Karena itu, pihak sekolah menyediakan sertifikat untuk legalitas hasil kerja keras siswa mengikuti program Sabtu Akkarena," papar Mirdan.

Mirdan menambahkan, pihak sekolah akan mendatangkan tenaga pengajar atau pelatih yang berkualitas untuk mendidik siswa. "Kami sudah menyiapkan anggaran untuk membiayai program ini terutama buat honor pelatih," jelasnya.

Dilain pihak, Mirdan menjelaskan, SMAN 3 Makassar terus berupaya menghasilkan berbagai terobosan dengan target meraih status sekolah bintang lima. "Ada 18 syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan status itu. Kami menargetkan dalam dua atau tiga tahun ke depan, status itu bisa digaet SMAN 3," ungkap Mirdan. (ab)