Saat Anies dan Emil Makan Malam Bersama Sambil Bahas Rencana KTT Muda 20

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kompak membahas Konferensi Tingkat Tinggi pemuda dunia (KTT Y20) sambil makan malam di Tugu Kunstkring Paleis, Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu (29/1) malam.

Dua kepala daerah tersebut membahas persiapan acara KTT Y20 yang akan dilaksanakan di Bandung dan Jakarta. Pembahasan dilakukan bersama Ketua Indonesia Youth Diplomacy (IYD) dan sejumlah alumni delegasi Y20.

IYD sendiri merupakan organisasi pemuda yang ditunjuk pemerintah untuk melaksanakan acara KTT Y20. Sebagai informasi KTT Y20, merupakan subtema dari KTT G20 yang dilaksanakan di Bali.

Ketua IYD Michael Victor Sianipar mengatakan KTT Y20 nantinya dihadiri 100 delegasi pemuda dari seluruh dunia yang menjadi perwakilan negara G20.

"Kita mau melibatkan pemuda-pemuda di kedua tempat karena nanti akan ada 100 delegasi pemuda dari seluruh dunia yang akan datang untuk mewakili seluruh negara G20 baik itu di Jakarta dan juga di Bandung," katanya pada wartawan, Sabtu (29/1).

Selaku kepala daerah, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil pun menyatakan kesanggupan untuk menjadi tuan rumah KTT Y20. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat akan berperan dalam mendukung penyediaan anggaran dan fasilitas agar acara KTT Y20 dapat berjalan dengan baik

"Kami di Pemprov DKI Jakarta mendukung dan pengelolaannya semuanya oleh Indonesia Youth Diplomacy. Kami mendukung dalam bentuk anggaran, dalam bentuk fasilitas-fasilitas sehingga mereka nanti bisa menyelenggarakan di sini," ujar Anies.

"Secara prinsip, kami dari Provinsi DKI Jakarta dan pengelolaannya semua oleh IYD, kami mendukung dalam bentuk anggaran, dalam bentuk fasilitas, sehingga mereka nanti bisa menyelenggarakan di sini," imbuhnya.

Senada dengan Anies, Ridwan Kamil menyampaikan dukungannya untuk acara KTT Y20 yang akan dilaksanakan, seraya berharap acara ini bisa menunjukkan Indonesia dapat berperan aktif untuk merumuskan agenda-agenda masa depan.

"Sama seperti Pak Anies kami bantu anggaran, persiapan teknis dan harus sukses," jelas pria yang akrab disapa Kang Emil.

"Sehingga oleh-oleh dari tahun ini ke dunia bahwa Indonesia sanggup dan berperan aktif dalam merumuskan agenda-agenda masa depan di berbagai sub temanya," imbuhnya.

Selain menjadi tuan rumah Youth 20, Bandung dan Jakarta juga akan menjadi tuan rumah bagi sub tema G20 yang lain, yakni Urban 20.

"G20 ini ada subtemanya. Kami khususnya Jawa Barat dan DKI ditugaskan negara mengurusi dua hal. Yang pertama adalah Youth 20 yang malam ini kami bahas detailnya dengan Indonesia Youth Diplomacy. Yang kedua adalah Urban 20," ujar Emil. (CNN)