Rusia Dukung 5 Poin Konsesus ASEAN untuk Krisis Myanmar

By Nad

nusakini.com - Internasional - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov mengekspresikan dukungannya terhadap usaha diplomasi Asia Tenggara untuk mengakhiri krisis politik di Myanmar.

Dalam kunjungannya ke Jakarta, Lavrov menyatakan Lima Poin Konsensus yang disetujui oleh ASEAN harus menjadi basis resolusi situasi krisis di Myanmar. Kepada wartawan Lavrov menyampaikan bahwa ia sudah berhubungan dengan pemimpin Myanmar, dimana ia menyatakan dukungannya terhadap keputusan ASEAN.

Komentar Lavrov dianggap penting di tengah semakin mendalamnya hubungan Rusia dan militer Myanmar, walaupun negara-negara adidaya lain memberikan sanksi kepada Myanmar dan banyak pemimpin dunia melarang jual beli senjata kepada negara tersebut.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi juga berdiskusi dengan Levrov. Ia menekankan pentingnya lima poin konsensus ini, dimana poin-poin ini menuntut agar Myanmar segera mengakhiri kekerasan dan harus adanya dialog antara semua pihak. Retno juga meminta dukungan Rusia dalam implementasinya.

"Harus ada komitmen dari militer Myanmar untuk bekerja sama dengan anggota negara ASEAN," tegas Retno.